Ratusan Warga Binaan Lapas Purwakarta Selesai Jalani Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta melengkapi vaksinasi dosis kedua, pada Sabtu (28/8/2021).

Kalapas Purwakarta, Sopian mengatakan untuk tahap kedua ini sebanyak 338 warga binaan mendapatkan vaksin jenis Sinovac.

“Adapun vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan bulan Juli lalu, ada sebanyak 354 warga binaan. Kerena ada warga yang tak lolos skrining dan ada warga binaan yang sudah pulang jadi pada tahap kedua ini ada sebanyak 338 warga binaan yang melakukan vaksin,” ucap Sopiana, saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca Juga:  Gegara Suka Ngelike Di Facebook, PPK Ini Jadi Perhatian Bawaslu

Pelaksanan ini, lanjut dia, diharapkan mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity, khususnya para WBP di Lapas Kelas IIB Purwakarta.

Sopian menjelaskan, vaksinasi yang dilaksanakan merupakan kerjasama dengan Polres Purwakarta. Sehingga,l, vaksinasi yang dilaksanakan di Lapas Purwakarta dapat berlangsung dengan cepat.

“Berkat kerjasama seluruh pihak, vaksinasi untuk menangkal Covid-19 di Lapas Purwakarta dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kejari Purwakarta Panggil Sejumlah Pihak Dalami Temuan Beras Bercampur Biji Plastik

Sopian menambahkan guna mengendalikan penularan Covid-19, vaksinasi ini bukan satu-satunya cara. Hal ini harus disertai juga komitmen dalam melaksanakan 5M. Yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi aktivitas khususnya bagi WBP.

Dia mengimbau, meski telah mendapatkan vaksinasi tahap II, WBP di Lapas Purwakarta ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Jika Lempeng Tektonik Raksasa Dekat Indonesia Terpisah, Ini yang Terjadi

“Ini menjadi perhatian utama kami sehingga tidak ada kasus penyebaran Covid-19 kluster Lapas. Harus tetap prokes, sehingga terhindar dari Covid-19,” ucap Sopiana.

Tak lupa, Kalapas Purwakarta juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Polres Purwakarta yang telah membantu mempercepat vaksinasi untuk warga binaan.

“Terimakasih kepada Polres Purwakarta. Ini merupakan program lanjutan yang bertujuan untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 di lapas,” pungkasnya. (Gin)