Robert Albert Nyatakan Ingin Pensiun Sebagai Pelatih Persib

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa yang tak mengenal Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts yang memiliki banyak pengalaman di dunia sepakbola.

Dirinya merupakan mantan pelatih klub Sarawak FA Malaysia. Pada 2007, dia juga melatih tim Nasional Malaysia U-19 pada turnamen 2007 Champions Youth Cup yang juga disertai klub-klub Eropa U-19 seperti Chelsea dan Barcelona.

Rene merupakan mantan pemain sepak bola saat aktif sebagai pemain adalah alumnus akademi sepak bola Ajax Amsterdam Selain itu, Robert sempat merumput di klub Prancis, Amerika Serikat, dan Swedia. Karier kepelatihan Robert juga panjang.

Baca Juga:  Dara Cantik Ini Beri Alasan Aktif Di Pecinta Alam Hingga Jadi Ketum Gemapala

Pertama melatih di Kompetisi Indonesia ia sukses membawa Arema Indonesia juara Liga Super Indonesia 2009-10 dan Runner up Piala Indonesia 2010. Robert mampu menguasai Bahasa Belanda, Bahasa Swedia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Perancis, dan sedikit Bahasa Indonesia.

Pelatih asal Belanda itu memang baru semusim lebih menukangi Supardi dan kawan-kawan. Namun atmosfer Kota Bandung serta kehangatan yang di tubuh tim membuat ia kerasan dan ingin menghabiskan waktu di klub ibu kota Jawa Barat itu.

Apalagi kini Robert telah menginjak usia 65 tahun, dan ia ingin terus mencapai puncak kariernya. Baginya, Persib lah tempat yang cocok untuk ambisi besarnya itu.

Baca Juga:  Kondisi Pandemi, Bank BJB Mampu Tumbuh & Raup Laba Bersih Rp 808 M

“Selama saya tinggal di Indonesia, Persib adalah klub yang luar biasa, dari segi manajemen dan atmosfernya. Bandung juga kota yang sangat indah untuk saya menetap,” ujarnya.

Di satu sisi, ia menjelaskan mengapa menerima pinangan Maung Bandung pada musim kemarin. Kesamaan visi dan misi antara dirinya dan manajemen menjadi pertimbangan Robert Alberts.

Ia memiliki mimpi besar dengan menjadikan Persib sebagai tim terbaik bukan hanya di Indonesia semata tapi se-Asia.

“Seperti yang saya bilang sebelumnya, Persib adalah klub dengan visi yang bagus dan memiliki manajemen yang bagus. Dan direktur (PT Persib Bandung Bermartabat) Teddy juga memiliki keinginan yang sangat besar untuk membuat Persib menjadi klub nomor satu se-Indonesia dan Asia,” kata dia.

Baca Juga:  Tiap Hari 173 Ton Sampah Dibuang di TPA Pasirsembung Cianjur

Namun, Robert Albert menyampaikan bahwa jika nantinya harus pensiun, ia ingin menikmati masa-masa terakhirnya sebagai juru taktik bersama Maung Bandung.

“Jika saya harus pensiun, saya ingin pensiun di Persib Bandung,” ujar Robert lewat unggahan di akun Youtube pribadinya yang dikutip di Jakarta, Rabu (8/4/2020). (Red)