Sebulan: 51 Kali Bencana, Kerugian Miliaran Rupiah

JABARNEWS | KAB. SUKABUMI – Sebanyak 15 bencana terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi selama September 2018 dengan kerugian Rp 477 juta. Dibandingkan Agustus 2018 yang terjadi 51 bencana dengan kerugian mencapai Rp 1.695.000.002,-., jumlah bencana pada September lalu mengalami penurunan.

Berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, bencana yang terjadi pada September lalu yaitu 5 kebakaran, 5 longsor. dan 5 lain-lain.

Adapun pada Agustus 2018, yaitu 15 kebakaran, 6 longsor, 1 banjir, 2 angin kencang, dan 27 lain-lain.

Baca Juga:  Inilah Beragam Modus Baru Kelabui Petugas Demi Mudik

Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani, mengatakan, bencana alam pada September memang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Agustus lalu. Mayoritas, bencana yang terjadi pada Agustus yakni kebakaran.

Baca Juga:  Dorce Gamalama Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Ini Riwayat Penyakit yang Pernah Dideritanya

“Saat ini juga masih ditemukan 5 kasus kebakaran tapi bulan sebelumnya lebih mendominasi hingga kerugian ditaksir mencapai miliaran. Besarnya kerugian tersebut salah satunya disebabkan banyaknya rumah warga yang mengalami kerusakan,” kata Usman, dikutip Radar Sukabumi, Sabtu (6/10/2018).

Baca Juga:  Gagal Nyalip, Pengendara Mio di Purwakarta Tewas Terlidas Truk

Ditambahkannya, selain kebakaran, bencana lain yang terjadi di Kabupaten Sukabumi yaitu banjir bandang, gempa bumi, angin kencang, kebakaran, dan cuaca ekstrem. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat