Sekda Jabar Imbau Masyarakat Back To Nature

JABARNEWS | BANDUNG – Mendapat sorotan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo perihal banyaknya stunting atau kerdil di Jawa barat, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengimbau masyarakat untuk kembali menkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

“Diimbau kepada masyarakat untuk menkonsumsi makanan lokal, itu lebih sehat. Karena saya berasal dari kampung ya saya makan makanan empat sehat lima sempurna itu saja. Insya Allah kedepannya tidak ada lagi yang kerdil,” katanya usai menghadiri Kick Of Meeting Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (09/04/2018).

Baca Juga:  Puluhan Kader IPNU-IPPNU Purwakarta Ikuti Pelatihan Administrasi

Menurutnya, fenomena stunting berasal dari dampak sanitasi dan gizi yang yang buruk pada suatu lingkungan. Untuk itu, masyarakat harus menjaga pola hidup bersih dan memakan makanan sehat langsung dari alam.

Baca Juga:  Marak Buku Nikah Palsu, Kemenag Terbitkan Kartu Nikah

“Dalam hal ini kita harus kembali ke back to nature, Kalau telur atau ayam kan itu banyak di kampung, sayur-mayur juga melimpah. Jadi kembali saja ke situ,” tuturnya.

Selain itu, Pemprov Jawa Barat melaui Dinas Kesehatan akan terus mendorong pola hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat, dari sisi preventif dan promotif.

Baca Juga:  Pembuat Dan Pengedar Uang Palsu Di Tasikmalaya Dibekuk Polisi

“Saya sudah apel di Dinas kesehatan. Penting bagi saya, karena kuratif itu kan paling di angka 30 % untuk mengcover pola hidup bersih dan sehat, 70% adalah prefentif dan promotif kepada masyarakat. Nah ini yang perlu kita pikirkan,” pungkas Iwa. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat