Sering Keliru, Inilah 5 Cara Yang Benar Untuk Mencuci Handuk

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti anda ketahui, mandi merupakan cara terbaik untuk menjaga kebersihan tubuh. Setelah mandi tentu kita menggunakan handuk untuk mengeringkan diri. Namun tahukah anda bahwa handuk pun juga perlu dijaga kebersihannya?

Mungkin di antara kita masih banyak orang yang mencuci handuk dengan cara yang salah dan seringkali handuk jadi kering dan kasar setelah dicuci.

Seorang ahli interior Rachel Cohen, mengungkap cara menghindari handuk yang dicuci agar tak berubah menjadi keras dan kaku. Lalu bagaimanakah cara yang baik dan benar untuk mencuci handuk? Berikut di bawah ini 5 langkahnya, diantaranya:

Baca Juga:  PT Persib Bandung Serahkan Bantuan APD ke-10 Rumah Sakit

1. Gunakan Deterjen Dengan Jumlah Tepat

Jika anda terlalu banyak menggunakan deterjen, maka akan membuat handuk sulit untuk dibilas, dan jika terlalu sedikit pun akan menjadikan handuk menjadi kaku. Pilihlah deterjen dengan bahan yang tidak terlalu keras dan juga tidak perlu direndam terlalu lama. Disarankan untuk ikuti petunjuk penggunaan jika ada.

2. Gunakan Air Dingin

Rachel menyarankan untuk menggunakan air dingin saat mencuci handuk untuk mencegah penyusutan pada jahitan, sehingga bisa menjaga warna dan bekerja lebih baik menghilangkan noda.

3. Jangan Gunakan Pelembut

Seperti namanya, pelembut pakaian memang akan melembutkan handuk dan membuatnya wangi. Tapi ternyata sebenarnya pelembut bisa merusak serat handuk dan membuatnya kurang lentur. Rachel menyarankan untuk memasukkan bola tenis ke mesin pengering agar dapat mengembangkan serat-serat handuk.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Kekeh Perjuangkan Misi Damai Ukraina dan Rusia di KTT G20

4. Jangan Mengeringkan Terlalu Kering

Ketika mengeringkan handuk, cukup diangin-anginkan saja, jangan terlalu lama mendapat sinar matahari penuh karena itu bisa membuat handuk kering total dan menjadikannya kaku.

5. Frekuensi Mencuci Handuk

Handuk lebih baik dicuci paling tidak sebulan sekali. Ahli mikrobiologi University of Arizona, Dr Charles Gerba, menemukan bahwa hampir 90 persen handuk kamar mandi terkontaminasi bakteri koliform, sementara 14 persennya membawa bakteri E. coli.

“Setelah dua hari, jika kamu mengeringkan wajah dengan handuk, kemungkinan kamu akan mendapat lebih banyak E.coli di wajah dibanding jika kamu memasukkan wajah ke toilet,” ujarnya.

Baca Juga:  Begini Pelaksanaan Liga Inggris Ditengah Pandemi Covid-19

kini anda sekarang mengetahui bahwa bukan hanya mandi saja rutinitas menjaga kebersihan tubuh yang harus anda lakukan, namun menjaga kebersihan dan belajar mencuci handuk yang benar pun perlu anda kuasai. Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari liputan6.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat