Shockbreaker Motor Kalian Terasa Keras? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Shockbreaker merupakan sebuah alat peredam kejut yang terdapat pada sebuah kendaraan. Komponen ini bekerja dengan meredam hentakan permukaan jalan sehingga tidak akan membuat pengalaman berkendara Anda menjadi buruk dan tidak nyaman.

Nah, karena fungsinya yang cukup krusial dalam operasional sebuah kendaraan. Tak heran jika komponen yang satu ini wajib dilakukan pengecekan secara rutin. Sehingga saat redamannya sudah mulai terasa keras, ada baiknya untuk segera menggantinya.

Baca Juga:  Sempat Jadi Korban Pembacokan, Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus Wafat

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab Shockbreaker terasa keras yakni:

Pertama. Garpu suspensi bengkok – Suspensi yang terasa keras mungkin juga disebabkan oleh garpu atau rangkanya yang bengkok. Hal ini akan menimbulkan bantingan keras, terutama jika Anda baru saja melewati jalanan berlubang.

Satu-satunya solusi adalah dengan membawa kendaraan kesayangan Anda tersebut ke bengkel untuk diperbaiki. Perlu diingat bahwa shockbreaker yang terasa keras ini dapat membahayakan Anda selain membuat pegal.

Baca Juga:  Tanggulangi Bencana, Save The Chidren Gandeng Google dan LPBI NU

Kedua. Pelumas yang terlalu banyak – Faktor penyebab shockbreaker terasa keras saat digunakan berkendara adalah karena kapasitas minyak pelumas yang ada di dalam tabung melebihi standar yang dibutuhkan.

Ini akan mengakibatkan efek bantingan keras saat motor melewati jalan berlubang. Hal ini pun berlaku sebaliknya, jika pelumas yang dibutuhkan kurang juga dapat berdampak buruk terhadap kinerja shockbreaker itu sendiri.

Ketiga. Pelumas shockbreaker minta diganti – Pelumas apapun akan menjadi kental seiring dengan berjalannya waktu dan masa penggunaan. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa oli yang melapisi shockbreaker juga rutin diganti. Ini untuk menghindari kinerjanya yang kurang optimal dalam meredam kejutan saat berkendara di jalan.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Ajak Masyarakat Perangi Narkoba Ditengah Pandemi Covid-19

Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa dengan memperhatikan kondisi shockbreaker secara berkala. Jangan lupa untuk terus membersihkan komponen shockbreaker agar fungsinya tetap dapat berjalan dengan normal. (Red)