Siapkan Payung, BMKG Bilang Sebagian Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan

cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang itu adalah Aceh, Bali, Banten, DKI Jakarta.

Kemudian Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Baca Juga:  Darurat COVID-19, Bima Arya: Pertarungan di Hulu, di Hilir Sedang Bahaya

Lalu di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat Berpotensi di 18 Kabupaten dan Kota

Sebelumnya, BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memonitor peningkatan intensitas sirkulasi udara menjadi satu sistem bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Timor sebelah utara Australia.

“Potensi sistem 99S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam periode 24-48 jam ke depan masih berada dalam kategori menengah dengan potensi peningkatan sirkulasi yang semakin terorganisir untuk periode 72 jam ke depan,” kata Deputi bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Baca Juga:  BMKG Beri Penjelasan Soal Cuaca Ekstrim Yang Akan Terjang Sejumlah Wilayah di Indonesia