Soal Kepatuhan Protokol Covid-19, Bamsoet Beri Saran Ini Buat Pemda

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah daerah diminta secara aktif dan masif menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan pencegahan COVID-19 untuk menekan laju penularan pandemi tersebut.

Hal tersebut disampakain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai saran yang dinilianya masih rerndah tingkat kepatuhan masyarakat di sejumlah daerah terhadap protokol pencegahan Covid-19.

“Setiap pemerintah daerah (pemda) untuk secara masif dan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” ujar Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Jumat (10/07/2020)

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Lauchingkan Daluwang Untuk Aplikasi Tanda Tangan Digital

Menurut Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo meminta Pemerintah daerah juga harus dapat memastikan tempat-tempat publik telah menerapkan protokol pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Dan tidak segan menutup atau memberi sanksi terhadap pihak yang tidak dapat mematuhi protokol COVID-19 sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Situasi Pandemi, Tak Surutkan Pemkab dan Polres Purwakarta Perangi Narkoba

Kemudain, pemda kata Bamsoet, dapat terlibat langsung untuk berpartisipasi dalam percepatan penanganan COVID-19 di lingkungannya masing-masing sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Ketua MPR terus mengimbau masyarakat mematuhi protokol pencegahan COVID-19 seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak satu sama lainnya.

Baca Juga:  Longsor Tebing Sungai Picu Titik Perbatasan Indramayu-Sumedang Berubah

Sementara itu, untuk Tim Gugus Tugas COVID-19 Babang Soesatyo mendorong agar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 melakukan pencegahan dan pengendalian pandemik dengan menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi terutama di daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta. (Red)