Soal Polemik Kasus UKW, Dirjen IKP Kemkominfo Tegaskan Dewan Pers Satu-satunya Lembaga Sertifikasi Wartawan

Ilustrasi Wartawan. (Foto: Magdalene).

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) angkat bicara terkait kekisruhan dan viralnya berita uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilakukan pihak lain.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Usman Kansong menegaskan bahwa pihaknya tak pernah memberi izin atau rekomendasi pada lembaga lain untuk melakukan sertifikasi pada insan pers.

Baca Juga:  Polri dan Dewan Pers Sosialiasi Perlindungan Kemerdekaan Pers, Ini Isinya

“Hanya Dewan Pers satu-satunya lembaga yang berhak melakukan sertifikasi wartawan. Tidak ada lembaga lain lagi,” kata Usman dalam audiensi dengan Dewan Pers di Tangerang Selatan, Banten, Senin (20/6/2022), lalu.

Baca Juga:  Tanggapi Ivan Gunawan Gendong Boneka, Ayu Ting Ting: Mending Lu Bikin dah Beneran Sama Gue

Adapun yang hadir dalam audiensi tersebut yakni Dewan Pers Prof Azyumardi Azra (ketua), M Agung Dharmajaya (wakil ketua), Arif Zulkifli (anggota), Ninik Rahayu (anggota), Yadi Hendriana (anggota) dan Paulus Tri Agung Kristanto (anggota).

Baca Juga:  Simak! Sepanjang 2019 Kepala Daerah Ini Sering Diberitakan Media

Usman menegaskan, jika memang Kominfo mengeluarkan surat izin atau rekomendasi pada lembaga lain untuk melakukan sertifikasi wartawan, maka ia meminta agar rekomendasi/izin tersebut dicabut. Dia akan melaporkan kasus ini pada Menteri Kominfo, Johnny G Plate.