Suara.com dan IMS Luncurkan Local Media Community dan Media Innovation Grant

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, saat memberikan pengantar dalam sesi acara launching Local Media Community yang diadakan dalam Perayaan HUT ke-10 Suara.com di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. (Foto: Suara.com/Alfian Winanto)
CEO PT Arkadia Digital Media Tbk sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, saat memberikan pengantar dalam sesi acara launching Local Media Community yang diadakan dalam Perayaan HUT ke-10 Suara.com di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. (Foto: Suara.com/Alfian Winanto)

Secara keseluruhan di lingkup Local Media Community, saat ini tercatat sudah terdata lebih dari 200 media lokal dan skala kecil yang telah terlibat dalam berbagai program. Diwakili oleh para pengelola media masing-masing, mereka terutama berasal dari dua kali kegiatan Local Media Summit yang telah berlangsung, dari event Jatim Media Summit 2023, serta dari berbagai workshop dan training yang sudah berjalan.

Adapun peluncuran kali ini, selain memperkenalkan secara lebih luas keberadaan komunitasnya atau Local Media Community dan program-programnya itu sendiri, terutama juga mengenalkan kehadiran website LocalMediaCommunity.com sebagai pusat informasi sekaligus interaksi dari berbagai program dan aktivitas tersebut. Situs yang tampil dwi-bahasa (versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) ini menyediakan fitur Registrasi dan Login bagi anggotanya yaitu para pengelola media lokal dan skala kecil se-Indonesia.

Baca Juga:  Doa Nenek Ini Terkabul saat Bertemu Dedi Mulyadi

“Ini adalah salah satu tools yang kita gunakan untuk membangun jaringan dengan media-media lokal di Indonesia, yang sebetulnya kami buat konsepnya adalah komunitas. Kenapa komunitas? Ini adalah forum yang sangat cair yang bisa digunakan oleh media-media lokal untuk meng-update berbagai isu yang menjadi tantangan media lokal saat ini,” ungkap Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com, dalam salah satu penjelasannya.

Baca Juga:  Disporabudpar Tak Seirama Dengan Pegiat Seni Budaya Kota Tasikmalaya

Sebagaimana disebutkan Suwarjono, website LocalMediaCommunity.com selain berisi penjelasan berbagai program dan aktivitasnya, memang juga memiliki beberapa bagian berisi informasi (News) seperti terkait isu media, juga info peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh media-media lokal. Selain itu, ada pula bagian Story yang memuat update yang dibagikan oleh para pengelola media lokal anggota komunitas ini.

Baca Juga:  UPI Kampus Purwakarta Gelar Festival UPI Purwadwiguna Dan Purwadwiloka

Perihal berbagi update informasi maupun pengalaman melalui wadah ini, menjadi satu hal yang juga digarisbawahi oleh Eva Danayanti, Program Manager IMS di Indonesia. “Ada semacam pembelajaran bersama dari berbagai pengalaman. Karena kita tahu, teman-teman (tentu) punya pengalaman masing-masing yang cukup menarik, dan jika saling berbagi tentu akan saling membantu,” ungkap Eva.