Sudah Tiga Kali MAKI Laporkan Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK, Ini Kasusnya?

Ketua KPK, Firli Bahuri

JABARNEWS │ JAKARTA – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) telah secara resmi melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, ke Dewan Pengawas KPK.

Laporan MAKI ini disampaikan terkait dugaan pelanggaran etik yang berkaitan dengan ketidakpatuhan sebagai pejabat negara dalam melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Baca Juga:  BNPT Akan Bangun Kawasan Terpadu Nusantara di Garut

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, mengonfirmasi bahwa laporan tersebut diajukan secara daring melalui email Dewan Pengawas KPK. “Baru secara email dikirimkan pukul 21.19 WIB, surat resminya besok (Selasa-red) dikirim,” ujar Boyamin  dikonfirmasi di Jakarta, Senin (6/11).

Baca Juga:  OTT KPK Amankan Hakim Agung, Diduga Ada Suap Pengurusan Perkara di MA

Boyamin menjelaskan bahwa laporan ini adalah yang ketiga kalinya MAKI melaporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik.

Laporan pertama berkaitan dengan pertemuan Firli dengan seorang menteri, yang tidak ditindaklanjuti karena pertemuan tersebut dianggap sebagai acara dinas dan melibatkan pejabat lainnya.

Baca Juga:  Omid Nazari Beberkan Cara Jaga Kebugaran Fisik Selama Pandemi

Laporan kedua terkait kasus helikopter pada Juni 2020, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi peringatan kedua kepada Firli Bahuri.