Suntik Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilanjutkan 25 Agustus 2020

JABARNEWS | BANDUNG – Tim penelitian uji klinis vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran akan melanjutkan kembali suntik vaksin pada Selasa (25/8/2020) mendatang.

Sebelumnya, suntik vaksin kepada para relawan sudah dilakukan pada Selasa (11/8/2020) dan Jumat (14/8/2020) lalu.

Juru Bicara Uji Klinis Vaksin Covid-19, dr Rodman Tarigan mengatakan, suntik vaksin Covid-19 sudah dilakukan kepada 110 relawan pada dua pertemuan sebelumnya.

Baca Juga:  Diskominfo Catat Ada 1000 Titik Blank Spot di Jabar

Menurut dia, uji klinis vaksin akan kembali dilakukan pada Selasa (25/8/2020) besok di enam titik, yaitu Rumah Sakit Pendidikan dan Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Dago, Cimbeleuit dan Sukapakir.

“Besok (suntik vaksin), jumlah tepatnya saya kurang tahu. Minimal tiap lokasi 20-25 orang,” kata Rodman saat dihubungi wartawan Senin (24/8/2020).

Baca Juga:  Puluhan Anggota DPRD Kota Bogor Jalani Test Swab, Begini Hasilnya

Suntik vaksin dilakukan kepada relawan yang sudah memenuhi persyaratan, yaitu berusia 18-59 tahun, sehat, serta negatif Covid-19. Para relawan akan disuntik dua kali dalam rentang waktu enam bulan penelitian.

Para relawan pun akan mendapatkan asuransi kesehatan apabila terjadi masalah kesehatan. Selain itu, para relawan tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga:  Jasa Raharja Biayai Perawatan Korban Lakalantas Tunggal Tol Cipali KM 177

Sejumlah pejabat daerah seperti Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat, dan Pangdam III Siliwangi mengajukan diri menjadi relawan. Mereka dikabarkan telah terdaftar sebagai relawan uji klinis vaksin covid-19.

Meski begitu, Rodman menjelaskan lebih lanjut terkait hal tersebut. “Silahkan dikonfirmasi kepada yang bersangkutan,” ujarnya. (Yoy)