Tanggulangi Bencana, Save The Chidren Gandeng Google dan LPBI NU

JABARNEWS | BANDUNG – Hidup di Indonesia yang terletak di Ring of Fires dengan tiga lempeng dunia aktif mengapit menjadi potensi bencana alam gempa bumi yang bisa terjadi sewaktu-waktu, membuat masyarakat Indonesia perlu memiliki kecakapan dalam menghadapi bencana alam.

Tidak hanya siaga menghadapi gempa bumi, bencana lain seperti banjir, gunung meletus, kebakaran hingga Tsunami, penting bagi masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran kesiapsiagaan.

Kali ini, Save the Children bekerjasama dengan LPBI NU (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim) Jawa Barat bersama Google menggelar kegiatan mengintegrasikan program pendidikan, kesehatan, perlindungan anak, pengentasan kemiskinan anak, tata kelola hak anak, termasuk melakukan tanggap darurat pada situasi bencana.

Baca Juga:  Keren! BKPSDM Purwakarta Jadi Pertama di Jabar Gelar Uji Kompetensi ASN

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang sedang dikembangkan Jawa Barat adalah Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Adaptasi Perubahan Iklim, dan Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Pilot area dari program ini meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Tasikmalaya. Sembilan (9) sekolah pilot dari 3 kabupaten tersebut, pada program yang terdiri dari 6 sekolah dasar dan 3 Sekolah Menengah Atas, namun pada implementasinya kegiatan ini akan diimplementasikan di 6 desa lokasi sekolah yang akan mengintegrasikan kesiapsiagaan sekolah dengan kesiapsiagaan masyarakat.

Baca Juga:  Berbagai Acara Turut Warnai Peresmian PAC PP Plumbon Cirebon

Diketahui, Save the Children adalah organisasi nirlaba internasional yang fokus pada pemenuhan hak-hak anak, dan beroperasi di lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Di Indonesia, kami telah bekerja sejak tahun 1976 dan sepanjang tahun 2018 kami telah bekerja di 12 provinsi termasuk Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Apes, Dua Begal Ini Tertangkap Usai Tabrak Pohon Sawit

Kegiatan pelatihan ini Training of Trainer (TOT) dan yang nantinya akan menjadi tim fasilitator desa dan sekolah untuk implementasi proyek ini ke depan, kegiatan ini akan dilaksanakan :

Hari/ Tanggal : Selasa–Sabtu (11–15 Februari 2020)

Waktu : 08.30 – 17.00 WIB

Tempat : Lembang Bandung Jawa Barat

Fasilitator

Save the Children

LPBI NU jabar

Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jabar. (Red)