Tarabas, Padi Varietas Baru Yang Tengah Dikembangkan Pemkab Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Benih padi variates baru yaitu tarabas tengah dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Variates baru ini ditanam di sebagian lahan seluas 23 hektare di Tegal Onder berlokasi di Kecamatan Purwakarta, yang hari ini Kamis (24/9/2020) dipanen Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran.

“Kami mulai mengembangkan variates baru ini, kemudian nanti kita akan dorong para petani untuk mulai mengembangkan benih padi tarabas,” ucap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga:  Catat! Ini Nama Jalan Yang Disekat dan Ditutup di Kota Bandung

Menurutnya, variates unggulan terbaru ini adalah kelompok japonika yang induknya berada di Jepang.

Gaya hidup semakin tinggi kemudian kebutuhan konsumsi dan pasar meningkat harus ditangkap para petani milenial untuk mulai bertani, dan mengembangkan variates tarabas karena secara profit nilai jualnya cukup tinggi.

Baca Juga:  Hujan Deras, Banjir di Kota Bandung Rendam Empat Titik Wilayah

“Mudah-mudahan setelah uji coba di lahan pertanian milik pemda ini bisa di tanam di lahan lain di Purwakarta,” papar Anne.

Saat disinggung keunggulan variates tarabas, Anne menyebut perbedaannya lebih kepada rasa.

“Kalau kata orang sunda nasinya itu pulen dan enak,” ujar Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu.

Baca Juga:  Gempa 3,6 SR Guncang Pangalengan, Warga Diminta Tenang

Selain itu, ia juga mengaku mengembangkan variates lain untuk menekan angka stunting, yaitu variates infari nutrizing.

“Melalui Dinas Sosial kita dorong supaya dibeli dari para petani, kemudian dimasukan ke dalam komponen untuk bantuan pangan non tunai. Sehingga dalam beras ada upaya untuk peningkatan gizi warga termasuk penekanan angka stunting di Purwakarta,” papar Anne. (Gin)