Terapkan Protokol Kesehatan saat Hadiri Undangan Kala Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat sebenarnya diimbau untuk tidak menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang di masa pandemi Covid-19. Akan tetapi, ada saja orang yang masih menggelarnya, misalnya acara pernikahan atau acara khusus yang tidak bisa dilewatkan lainnya.

Jika terpaksa mengikuti acara yang dihadiri cukup banyak orang, ada beberapa hal penting yang harus dijalankan agar tidak tertular virus corona. Yang jelas, selalu terapkan protokol kesehatan dengan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan rutin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan acara selama pandemi Covid-19, tidak peduli seberapa besar atau kecil, harus bergantung pada pendekatan berbasis risiko. WHO telah memberikan panduan tentang bagaimana pendekatan berbasis risiko seperti itu dapat diambil.

Baca Juga:  Masih Ada Aksi Tolak Jokowi 3 Periode, Rocky Gerung Singgung Predikat King of Lips Service

Tindakan pencegahan yang harus dipertimbangkan termasuk mencegah penularan antarorang, dan harus mempertimbangkan tempat, dan bagaimana hal itu dapat dimodifikasi untuk membuat lingkungan yang lebih aman.

Membatalkan acara yang direncanakan adalah pilihan yang selalu dipertimbangkan, terutama jika acara yang tidak penting atau saat tindakan pencegahan tidak dapat diterapkan atau dikomunikasikan secara memadai. Namun, jika terpaksa menghadiri undangan, berikut panduan yang harus dipatuhi.

Selalu periksa peraturan setempat sebelum menghadiri suatu acara. Tinggal di rumah jika merasa tidak enak badan. Selalu patuhi tiga tindakan pencegahan dasar berikut:

Baca Juga:  CULTURA Konsisten Bawa Budaya Indonesia di Setiap Lagunya

a. Pertahankan jarak minimal 1 meter dari orang lain dan kenakan masker jika tidak dapat menjamin jarak ini. b. Tutupi bersin atau batuk dengan tisu atau siku yang tertekuk dan segera buang tisu ke dalam wadah yang tertutup rapat. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. c. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, atau dengan pembersih tangan.

Jika Anda yang menggelar acara, ini pedoman yang harus dijalankan – Selalu periksa pedoman lokal sebelum merencanakan acara. Beri tahu tamu tentang tindakan pencegahan sebelum acara dimulai. Selama acara berlangsung, ingatkan para tamu tentang tindakan pencegahan ini dan pastikan diikuti. Pilih tempat luar ruangan daripada dalam ruangan. Namun, jika di dalam ruangan, pastikan area tersebut berventilasi baik. Minimalkan kerumunan dengan memberi nomor masuk, mengatur kursi atau meja, dan menandai lantai untuk memastikan jarak fisik antara orang-orang setidaknya 1 meter. Sediakan semua perlengkapan yang diperlukan, seperti alat kebersihan tangan, pembersih tangan atau sabun dan air, tisu, tempat sampah tertutup, penanda jarak, masker. (Red)

Baca Juga:  Ini Langkah Efektif Cegah Covid-19 Usai Bepergian Menurut BPOM