Tiga Cara Mengatasi Bunyi Kletek Pada Rantai Motor

JABARNEWS | BANDUNG – Menggunakan sepeda motor dengan suara kletek kletek terdengar dari bagian rantai tentu hal ini akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Apalagi jika kondisi perjalanan yang akan ditempuh terbilang cukup jauh.

Bicara mengenai rantai motor yang mengeluarkan bunyi kletek kletek saat berjalan. Sebenarnya ada begitu banyak faktor yang membuat hal itu bisa terjadi. Namun Jarang orang yang tahu cara mengatasinya.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi bunyi kletek pada rantai motor yakni:

Pertama. Bersihkan Rantai dari Kotoran – Hal paling umum yang membuat kondisi rantai mengeluarkan bunyi pada saat motor berjalan yakni karena adanya kotoran sudah menumpuk dan menempel begitu banyak. Tumpukan kotoran ini biasanya akan semakin menumpuk seiring berjalannya waktu dan penggunaan motor.

Baca Juga:  DPRD Karawang Desak Pemerintah Serius Lindungi Lahan Pertanian

Umumnya kotoran sering menempel dan menumpuk pada bagian rantai motor berasal dari pelumas rantai motor yang bercampur dengan debu dan kotoran lain yang menempel saat motor melewati jalanan sekitar.

Kedua. Atur Ulang Setelan Rantai Motor – Terbuat dari bahan dasar besi, seiring penggunaan tentu saja rantai motor ini bisa memuai. Akibatnya rantai motor bisa saja kendor meskipun posisi as roda tetap stabil di posisinya. Hal ini memang menjadi masalah yang menyebabkan rantai motor mengeluarkan bunyi kletek kletek.

Baca Juga:  Sepekan Kemarin, Kasus Positif Covid-19 di Purwakarta Tembus 148 orang

Untuk mengatasi masalah ini, ada cukup banyak cara bisa kalian gunakan. Salah satunya yakni dengan mengganti rantai motor dengan yang baru atau atur ulang setelan kekencangan rantai motor. Adapun caranya bisa kalian kendorkan pengunci as roda belakang dan tarik ke belakang.

Baca Juga:  Diaz Rukmana Minta Pemkab Purwakarta Evaluasi Jumlah Penerima BLT APBD

Ketiga. Ganti Rantai Motor – Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan rantai motor bunyi. Keluarnya bunyi kletek kletek pada bagian rantai motor juga bisa saja terjadi karena kondisi rantai motor itu sendiri yang sudah mulai aus dan tidak lagi punya kemampuan terbaiknya.

Untuk itu jika hal ini menjadi salah satu alasan kenapa motor kalian keluar bunyi saat berjalan. Maka mau tidak mau kalian harus segera mengganti rantai motor dengan yang baru. (Red)