Tiga Cara Menjaga Orang Tua Agar Terhindar Dari Penyakit Pneumonia

JABARNEWS | BANDUNG – Pada masyarakat Indonesia, sudah menjadi kebiasaan bahwa anak tinggal dengan orangtua yang sudah lanjut usia. Pada kondisi ini, terutama ketika orangtua telah lanjut usia, menjaga kesehatan mereka termasuk dari pneumonia merupakan hal yang penting.

Menurut data dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di tahun 2018, sekitar 1,4 juta orang di seluruh dunia dilaporkan meninggal akibat pneumonia setiap tahunnya. Penyakit ini umumnya lebih rentan dialami lansia berusia 50 tahun ke atas.

Baca Juga:  Tiga Astronot kembali ke Bumi dengan Selamat

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum cara mejaga orang tua agar terhindar dari penyakit pneumonia yakni:

Pertama. Menjaga Pola Hidup Sehat Orangtua – Dokter Amira Anwar, spesialis paru dan pernapasan dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com mengatakan, anak dapat membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal dan selalu memastikan asupan gizi seimbang bagi orangtua mereka.

Baca Juga:  Begini Instruksi Anies Baswedan dalam Ingub 52 Tahun 2020 Soal Banjir

Kedua. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri – Orang tua cenderung memprioritaskan kesehatan anak-anak dan cucunya dibanding kesehatannya sendiri. Hal ini karena mereka tidak ingin merepotkan keluarga dan saudara-saudaranya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan masing-masing bisa menjadi salah satu cara menghindarkan orang tua dari penyakit Pneumonia. Hal tersebut karena orang tua tidak menjadi khawatir karena melihat anaknya sehat selalu.

Baca Juga:  Tak Hanya Dalam Sinetron, Natasha dan Verrel Semakin Lengket

Ketiga. Mendampingi Perawatan Kesehatan Orang Tua – Vaksinasi PCV dapat dilakukan untuk menghindari lansia dari pneumonia. Selain itu, penting juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan orang tua secara rutin. Serta didampingi oleh anaknya.

Namun, orangtua seringkali tidak termotivasi melakukan rutinitas ini. Maka dari itu, anak dapat menjadi roda penggerak hingga akhirnya mereka dapat menemui petugas kesehatan dan mendapat perawatan yang diperlukan. (Red)