Tiga Cara Merawat Suspensi Motor Agar Tetap Aman, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Sistem suspensi adalah bagian kendaraan yang juga perlu perawatan. Perawatan sistem suspensi penting agar kenyamanan berkendara selalu terlindungi, lantas bagaimana cara merawat sistem suspensinya?

Apabila sistem suspensi tidak berfungsi maka akan timbul bunyi seperti kletek-kletek, terasa sempoyongan saat dijalan bergelomgang, karenanya kenyamanan kita sejauh berkendara sudah pasti akan terganggu. Karena hal itu, kita mesti pintar dalam merawat sistem suspensi.

Baca Juga:  Rencana Kenaikan Gaji Pimpinan KPK, Ini Kata ICW

Berikut beberapa cara merawat sistem suspensi motor agar tetap nyaman yakni:

Pertama. Menghindari Jalan Bergelombang – Fungsi utama suspensi tentunya meredam getaran. Tapi, setiap suspensi punya batas kemampuan peredaman. Jangan mentang-mentang suspensi masih enak, terus dihajar aja tanggul atau lobang seenaknya.

Saat motor menghantam bagian jalan yang tidak rata dalam kecepatan tinggi, suspensi mendapatkan tekanan sangat kuat. Kalau tekanannya berlebihan bakal mengakibatkan kerusakan, seperti oli suspensi depan bocor karena seal rusak atau per pada suspensi belakang jadi bengkok.

Baca Juga:  Menkominfo Johny G Plate Dapat Kejutan dari Hacker Bjorka di Hari Ulang Tahunnya

Kedua. Rutin Bersihkan Suspensi – Cara merawat suspensi yang mudah, yaitu dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel. Kalau tidak rajin dibersihkan, kotoran bisa masuk ke sela-sela dan mengotori oli suspensi. Kalau sudah begitu, kelenturan suspensi akan berkurang.

Ketiga. Rutin Ganti Oli Suspensi – Suspensi depan motor perlu diganti oli secara rutin pada rentang jarak tertentu (tergantung anjuran pabrik dan cara pemakaian). Oli suspensi bisa berkurang atau mengental setelah lama dipakai, makanya perlu diganti, Sobat.

Baca Juga:  Jutaan Ekor Ikan Mati di Waduk Cirata Cianjur Akibatkan Kerugian Besar, Ini Penyebabnya

Seperti pelumas mesin, oli suspensi juga punya spesifikasi yang menentukan tingkat kekentalan. Makanya jangan asal beli oli suspensi. Kalau nggak cocok, peredaman jadinya kurang maksimal. (Red)