Tiga Gejala Alergi Dingin Yang Mesti Kalian Ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Selain flu dan batuk, udara dingin juga bisa memicu alergi. Alergi akibat suhu udara yang rendah umumnya disebut dengan ‘alergi dingin’. Alergi dingin biasanya muncul di pagi dan malam hari, atau bisa juga di sepanjang hari saat tubuh terpapar udara dingin.

Gejala alergi muncul karena sistem kekebalan tubuh bereaksi negatif terhadap zat-zat tertentu atau disebut dengan alergen. Udara dingin, serbuk sari, tungau, atau kandungan dalam makanan dapat menjadi alergen.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa gejala alergi dingin yakni:

Baca Juga:  Hanyut 3 Hari, Korban Terseret Sungai Akhirnya Ditemukan

Pertama. Hidung dan mata berair – Gejala alergi juga menyebabkan mata dan hidung gatal. Gatal pada mata dapat memicu mata berair karena kelenjar air mata bekerja ekstra untuk mengatasi alergi, sedangkan gatal pada hidung dapat memicu produksi lendir dan membuat Anda mengalami pilek.

Beda antara pilek karena infeksi dan pilek karena alergi dingin ialah warna pada lendir. Pilek akibat infeksi virus atau bakteri secara jelas ditandai dengan lendir yang berwarna kuning atau hijau. Sedangkan pada gejala alergi dingin, pilek umumnya cair dan berwarna bening.

Baca Juga:  Wow, Kecepatan Vaksinasi di Jabar Rata-rata 285.649 Dosis per Hari

Kedua. Bersin – Bersin juga merupakan gejala khas alergi dingin. Gejala yang satu ini umumnya muncul di pagi hari, berlangsung terus-terusan dalam waktu beberapa jam hingga suhu udara naik.

Berbeda dengan bersin akibat terpapar virus atau bakteri, bersin yang termasuk gejala alergi dingin berlangsung hanya di waktu tertentu, seperti pagi dan malam hari. Sedangkan bersin yang termasuk gejala infeksi bisa terjadi setiap saat walau suhu udara panas.

Baca Juga:  Sebaran Kasus Covid-19 RI Per 2 Agustus, Positif Tambah 1.519 Orang

Ketiga. kulit bentol dan gatal (biduran) – Kulit merupakan organ tubuh yang menjadi tameng pertama terhadap udara dingin. Itu sebabnya, gejala alergi dingin biasanya lebih dulu tampak pada permukaan kulit.

Gejala alergi dingin pada kulit bisa berupa kulit ruam merah, bentol, dan terasa gatal. Gejala ini mirip seperti gejala alergi karena makanan tertentu seperti alergi udang atau ikan. (Red)