Tiga Manfaat Minyak Zaitun Bagi Rambut, Salah satunya Mengurangi Ketombe

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat minyak zaitun untuk rambut mungkin tidak sepopuler manfaatnya untuk merawat kulit. Padahal, ada banyak manfaat minyak zaitun untuk rambut, mulai dari merawat rambut kering, melembutkan ujung rambut, menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala, hingga melindungi kulit sensitif dari rasa panas krim bleaching.

Kandungan antioksidannya terbukti memiliki efek baik untuk kutikula rambut dan juga kulit kepala. Kalau resolusimu tahun ini adalah lebih merawat rambut, kamu bisa menambahkan minyak alami ini ke dalam rutinitas harian.

Baca Juga:  Raditya Dika Berduka, Penulis Novel Lupus Hilman Hariwijaya Meninggal

Oleh Sebab itu berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi rambut yakni:

Pertama. Menjaga kelembaban rambut – Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kelembaban rambut. Penelitian dari International Journal of Trichology menyebutkan bahwa minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Minyak zaitun juga membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang.

Baca Juga:  Stafsus Milenial Nikah Beda Agama di Gereja, Abu Janda: Rempong Bawa-bawa Ayat!

Kedua. Menambah kilau alami rambut – Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Alhasil, minyak zaitun mungkin dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru.

Baca Juga:  Ampun Deh! Bikin Kesal Ibu-ibu, Bank Emok Masih Nagih Nih

Ketiga. Membantu mengurangi ketombe – Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahan alami satu ini berfungsi melembabkan kulit kepala. Nah, sifatnya yang melembabkan ini ternyata bermanfaat bagi pemilik rambut kering dan kulit kepala yang mudah mengelupas.

Tingkat kelembaban yang seimbang pada kulit kepala mengurangi jumlah kulit yang terkelupas yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Meski bukan obat ketombe, minyak zaitun setidaknya membantu mengurangi jumlah serpihan-serpihan putih ini. (Red)