Tiga Penyebab Telinga Kiri Terasa Sakit, Kalian Mesti Waspada

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit telinga sebelah kiri merupakan kondisi yang jarang terjadi namun dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

Karena itu, kenali faktor yang menyebabkan gangguan ini agar memudahkan dalam penanganan ketika telinga kiri terasa sakit.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab sakit telinga sebelah kiri yakni:

Pertama. Perubahan Tekanan Udara – Adanya aliran atau perubahan tekanan udara secara drastis juga dapat menyebabkan telinga sakit sebelah kiri. Seperti ketika kita berada dalam pesawat atau elevator yang dapat mengakibatkan telinga sakit dan berdengung.

Baca Juga:  Bertugas Sambil Jaga Anak, Polwan Ini Dapat Sanjungan Gubernur

Bahkan, bukan tidak mungkin setelah naik pesawat atau elevator, telinga akan terganggu sementara waktu dalam beberapa detik atau menit. Namun gangguan ini biasanya akan hilang sendiri jika penyebabnya juga hilang.

Baca Juga:  Bersertifikasi WHO, Indonesia akan Produksi APD Bahan Baku Lokal

Kedua. Infeksi Telinga – Penyebab telinga sakit sebelah kiri paling umum terjadi selain kotoran adalah infeksi. Cara kerja telinga baik bagian luar, tengah atau bagian dalam dapat mempengaruhi terjadinya infeksi ini.

Berbagai macam faktor mulai dari berenang, penggunaan headphone secara berlebihan atau pun cara pembersihan telinga yang kurang tepat atau terlalu dalam dapat menjadi penyebabnya.

Baca Juga:  Buzzer dan Organisasi Siluman Jegal BPOM Lindungi Konsumen Air Minum

Ketiga. Sakit Gigi Sebelah Kiri – Sakit gigi sebelah kiri dapat mengakibatkan terjadinya tekanan pada sekitar gigi sebelah kiri sampai area telinga. 

Akibatnya telinga sebelah kiri bisa berdengung dan sakit, karena saraf telinga juga tertekan akibat sakit gigi tersebut. (Red)