Ulama Jabar Wajib Kuasai Bahasa Inggris

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menggelar program pelatihan Bahasa Inggris bagi para kader dakwah di Jawa Barat. Hal ini disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai melakukan pertemuan di Kantor MUI Jabar di Bandung. Jumat (14/9/2018).

’’Program latihan Bahasa Inggris untuk para ulama, sehingga nantinya ulama Jawa barat akan dikirim ke luar negeri dengan modal bahasa Inggris sebagai alat komunikasinya,’’ kata gubernur flamboyan yang akrab disapa Kang Emil ini kepada wartawan.

Baca Juga:  Tiga Menteri Tandatangani SKB Terbaru Soal Libur Nasional dan Cuti Bersama, Ini Isinya

Hal itu diamini Ketua MUI Jabar Jabar Rachmat Syafei. Ia mengatakan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia sudah seharusnya dijadikan sebagai perantara bagi dunia untuk mengenal Islam.

’’Ya manfaatnya untuk dakwah di luar negeri itu kan untuk mengetahui tahu Islam itu bukan hanya dari Timur Tengah. Jadi, Islam harus lahir dari ulama Indonesia karena Indonesia muslim terbanyak di dunia,’’  ujar Rachmat.

Baca Juga:  Gedung Kejaksaan Agung Dilalap Si Jago Merah

Amerika menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan bagi para kader dakwah yang telah mendapatkan pelatihan Bahasa Inggris untuk berdakwah di sana (Luar negeri, red). ’’Bahwa yang membutuhkan tentang Islam itu Amerika dan dia (Emil, red) pernah sekolah di Amerika punya guru di sana. Beliau itu pernah jadi DKM di Amerika dan minta kepada Jabar ulama yang bisa dakwah,” ujarnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Wanadri Bantu Cegah Covid-19 Dengan Budayakan Aktivitas Alam

Syafei mengungkapkan ulama asal Indonesia khususnya Jabar, memiliki kelebihan tersendiri. Yakni terdapat kearifan lokal di dalamnya dengan latar belakang kondisi Indonesia yang damai, dapat membawa warna sendiri dalam di kancah Internasional. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat