Virus Corona, Kurs Rupiah Awal Pekan Melemah

JABARNEWS | BANDUNG – Seiring sentimen pasar terkait penyebaran virus corona, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan melemah.

Pada pukul 10.15 WIB, rupiah bergerak melemah 67 poin atau 0,49 persen menjadi Rp13.722 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya di level Rp13.655 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston mengatakan perekonomian China diproyeksikan bisa melambat akibat virus corona, yang juga dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi global.

Baca Juga:  Polisi Belum Tetapkan Gary Iskak Jadi Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

“Kabar bertambahnya penyebaran virus corona di China dan global memicu kembalinya kekhawatiran pasar sehingga harga aset-aset berisiko mengalami penurunan,” ujar Ariston, Senin(02/01/2020).

Sementara itu, Bank Sentral China People Bank of China (PBoC) melakukan upaya stimulus dengan menyuntikkan dana ke pasar repo sebesar 1,2 triliun yuan.

Baca Juga:  Gegara Hal Ini, Banyak Pasutri Di Ciamis Tunda Kehamilan

Kebijakan tersebut dinilai mampu menahan laju penurunan aset berisiko dan penurunan imbal hasil (yield) obligasi Pemerintah AS, yang sekarang berada di kisaran 1,5 persen.

Selain itu, lanjut Ariston, kebijakan tersebut juga bisa menahan laju penguatan dolar AS terhadap mata uang emerging markets, termasuk Indonesia.

Baca Juga:  Jokowi-Mike Pence Bahas Kerja Sama di Tiga Bidang

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini bergerak di kisaran Rp13.630 per dolar AS hingga Rp13.680 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp13.726 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.662 per dolar AS. (Ara)