Waspada, Angin Kumbang Pengaruhi Perairan Cirebon Dan Indramayu

JABARNEWS | MAJALENGKA – Telah diberitakan beberapa waktu lalu, angin kencang yang terjadi melanda wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) sejak beberapa hari terakhir.

Hal ini dikabarkan dari Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, yang menjelaskan, kecepatan anginyang berhembus di lokasi tersebut diketahui mencapai 56 km per jam.

Baca Juga:  Evaluasi Laga Uji Coba, Pelatih Persib Catat Beberapa Hal Penting Ini

“Normalnya 30 km per jam,” ujar Ahmad Faa Izyn atau pria yang kerap disapa Faiz itu, Senin (27/7/2020).

Ia menjelaskan kondisi peningkatan kecepatan angin yang terjadi di Wilayah Ciayumajakuning itu terjadi akibat adanya tekanan udara yang berbeda cukup signfikan di wilayah utara dan selatan ekuator. Hal ini juga didukung oleh faktor lokal adanya Gunung Ciremai (menjadi angin kumbang).

Baca Juga:  HUT Ke 42, BPJAMSOSTEK Gelar Lomba Foto Jurnalistik 2019

Faiz memperkirakan, kondisi peningkatan kecepatan angin di Wilayah Ciayumajakuning masih akan berlangsung hingga dua hari kedepan. Masyarakat pun diimbau agar lebih waspada dan hati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkannya, seperti debu dan pohon tumbang.

Baca Juga:  Netizen Ajak Publik Kawal Petisi Batalkan Ibu Kota Negara

“Waspadai juga peningkatan tinggi gelombang mencapai yang lebih dari 1,5 meter di perairan utara Cirebon dan Indramayu,” tandas Faiz. (Red)