400 Ribu Anak Di Bandung Barat Belum Punya KIA

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Wahyu Diguna, mengatakan, sebanyak 400 ribu anak di KBB belum memiliki kartu identitas anak (KIA). Padahal, fungsi KIA sangat penting, yaitu untuk pendidikan, keimigrasian, kesehatan, dll.

“Walaupun KIA ini sudah diluncurkan Pemkab Bandung Barat sejak tahun 2017, namun banyak anak yang menjadi sasaran KIA hingga kini belum memilikinya. Itu disebabkan berbagai hal, di antaranya keterbatasan blangko serta personel di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB,” kata Wahyu, dikutip Pojok Jabar.com, Sabtu (11/8/2018).

Baca Juga:  Mengintip Cara Pembuatan Peuyeum Singkong Sebagai Wisata Kuliner Bandung

Dikatakannya, Disdukcapil menargetkan anak wajib KIA di Bandung Barat yaitu sekitar 500.000 anak, namun hingga kini baru tercapai sekitar 10.000 anak. Target KIA ini merupakan anak-anak usia 0-16 tahun.

“Tahun lalu, memang blangko yang dikirim pusat hanya 10.000 keping dan itu sudah habis dicetak. Tahun ini, ada sekitar 20.000 keping yang dalam sedang dalam proses pencetakan,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Opsi Gian Zola Dipinjamkan Ke Klub Lain, Persib Belum Terima Surat Resmi

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan respons masyarakat dalam membuat KIA sebenarnya cukup tinggi. Namun saat ini, pencetakan KIA terkendala personel lantaran baru-baru ini operatornya meninggal dunia.

“Operator baru akan segera bertugas untuk kembali menormalkan pelayanan pembuatan KIA,” ucapnya.

Wahyu mengungkapkan, proses pembuatan KIA bisa ditunggu dalam sehari, syaratnya, hanya membawa Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran anak. Bagi anak usia 5 tahun ke atas, harus menyertakan foto, sedangkan di bawah 5 tahun tidak perlu menyertakannya.

Baca Juga:  Pelanggar Lalu Lintas Saat Operasi Zebra 2019 Menurun di Serdang Bedagai

“Sebab untuk anak usia di bawah lima tahun, di KIA-nya nanti juga tidak disertakan foto. Sementara anak di atas 5 tahun, akan disertakan foto,” pungkasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat