Abu Bakar Baasyir Segera Dibebaskan, Keluarga Gelar Syukuran

JABARNEWS | BOGOR – Abu Bakar Baasyir (81) dipastikan segera bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsindur, Kabupaten Bogor.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PBB sekaligus Kuasa Hukum pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin Yusril Ihza Mahendra, saat menengok Abu Bakar Baasyir di Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jumat (18/1/2019).

Yusril mengatakan, awal pekan depan administrasi pembebasan Abu Bakar Ba’asyir dari Lapas Gunungsindur Bogor akan diselesaikan.

“Awal minggu depan ini prosesnya administrasinya akan diselesaikan oleh kalapas juga pengacara Abu Bakar Ba’asyir,” ungkapnya, dikutip tribunnews, Sabtu (19/1/2019).

Baca Juga:  BPPD Bandung Klaim Kesadaran Bayar Pajak Meningkat

Yusril Iza menyebutkan, pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunungsindur Bogor sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

“Keputusan Jokowi sangat consern soal persoalan Abu Bakar Baasyir ini, dan kita ketahui beliau dipidana bukan pada masa pemerintahan Jokowi,” katanya.

Ia menjelaskan, yang menjadi pertimbangan Jokowi terhadap pembebasan Abu Bakar Baasyir merupakan aspek kemanusiaan.

Sebab, Abu Bakar Baasyir kini sudah renta dengan umur 81 tahun dan tak sanggup melakukan banyak aktifitas.

“Sekarang ini sudah saatnya beliau (Abu Bakar Baasyir) untuk dibebaskan. Ini juga menunjukan kepada publik dan masyarakat, bahwa tidak betul Pak Jokowi ini melakukan persekusi atau melakukan kriminalisasi terhadap ulama, ini contoh nyata consern beliau,” ungkapnya.

Baca Juga:  Target Capaian PBB Kota Bandung Naik 21 Persen

Gelar Syukuran

Sementara itu, keluarga akan menggelar syukuran untuk menyambut kepulangan Abu Bakar Ba’asyir dengan mengundang tetangga di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Rencana kita akan adakan syukuran kecil-kecilan di pesantren dengan mengundang tetangga sekitar. Syukuran untuk menyambut ayah kami yang dipenjara bisa pulang,” kata putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (19/1/2019), dikutip kompas.com.

Baca Juga:  Wisata Argapura Menarik, Akses Jalan Amburadul

Abdul Rohim mengungkapkan, keluarga sangat bersyukur dan gembira mendengar kabar dibebaskannya Abu Bakar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembebasan tanpa syarat Abu Bakar dengan alasan kemanusiaan dan kondisi kesehatannya. “Keluarga mendapat kabar pembebasan Ustaz Abu Bakar dari Bang Yusril. Alhamdulillah, kemarin Bang Yusril menyampaikan kepada kita tentang pembebasan murni ayah kami sehingga dapat kembali ke keluarga,” ujarnya.

“Beliau setelah bebas ini nanti akan tinggal di rumah saya di dalam Pondok Ngruki,” terangnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat