Arca Nandi Di Museum Sri Baduga Diklaim Dari Pangandaran

JABARNEWS | KAB PANGANDARAN – Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Aceng Hasim mengatakan, berdasarkan informasi, ada salah satu arca nandi dari Dusun Gimbal, Desa/Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, saat ini berada di Meseum Sri Baduga Bandung.

“Arca nandi tersebut merupakan salah satu peninggalan masa Hindu,” ujarnya.

Baca Juga:  Waduh! Kasus KDRT dan Kekerasan Seksual Anak di Sukabumi Masih Tinggi

Dikutip dari wartapriangan.com, Aceng menuturkan, saat ini Kabupaten Pangandaran perlu melakukan pendataan dan pelestarian benda bersejarah. Baik untuk kepentingan pengetahuan umum maupun kepentingan pendidikan.

“Jika keberadaan arca nandi yang tersimpan di Museum Sri Baduga benar berasal dari Kabupaten Pangandaran, kami meminta pengelola meseum membuat duplikatnya untuk disimpan di tempat semula,” tuturnya.

Baca Juga:  Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan, Buruh Jabar Minta Dukungan Gubernur

Duplikasi tersebut, kata Aceng, diharapkan sebagai pelengkap keberadaan benda bersejarah lainnya yang ada di lokasi tersebut.

Aceng menjelaskan, semula di Dusun Gimbal, Desa/Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangndaran terdapat tiga benda peninggalan bersejarah. Di antaranya lingga, yoni dan arca nandi.

Baca Juga:  Begini Langkah Kota Depok Antisipasi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

“Sekarang tinggal dua benda bersejarah yang tersisa yaitu lingga dan yoni. Karena arca nandi disimpan di Meseum Sri Baduga,” katanya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat