Gelombang Tinggi Terjang Pantai di Sukabumi, Ketinggian Capai 6 Meter

JABARNEWS | SUKABUMI – Gelombang tinggi merusak sejumlah bale hingga pondasi pos Balawista di Pantai Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021).

Data BMKG, ketinggian gelombang tinggi hari ini diperkirakan mulai dari 3 hingga 6 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, akibar terjangan gelombang tersebut sebuah pos Balawista rusak dan terdapat dua tiang pos yang mengangkang karena bagian bawahnya terkikis gelombang tinggi.

Baca Juga:  Tim SAR Akhirnya Temukan Pria Tenggelam Yang Loncat Ke Sungai Cianjur

Salah seorang warga, Ramli (50) mengatakan, gelombang tinggi terjadi sejak pukul 07.00 WIB pagi. Ia menyebut ada dua bale yang rusak.

“Dari jam 7 pagi, bale-bale dua rusak, pondasi ini, akar pohon juga. Sejak tadi pagi (tiang pos Balawista) tergerus, di sana ada perahu juga terbawa,” ujarnya, dilansir dari trinbun,com.

Baca Juga:  Karawang Darurat Gizi Buruk

Terlihat juga para pemilik bale membongkar bale di tepi pantai karena khawatir rusak oleh gelombang tinggi.

“Bale yang lainnya mau dibongkar,” katanya.

Warga lain, Ai Nurjanah (39) mengatakan, gelombang tinggi sudah berlangsung selama tiga hari. Ia mengaku, dagangannya ada yang terbawa arus.

Baca Juga:  Media Massa Diajak Dewan Pers Kawal Janji Politik Pemilu 2019

“Punya bu Nanai, Dedah, bu Ida, bu Alit balenya rusak, ibu gak punya bale cuma dagang kaki lima, dagangan keseblok gelombang, dipindahin dulu. Baru tiga hari gelombang tinggi, itu ada yang kebawa arus dagangan saya,” ucapnya. (Red)