Hebat, Toyota Made In Karawang Laku Di Luar Negeri

JABARNEWS | KARAWANG – Toyota Fortuner tak cuma laris di dalam negeri. Mobil SUV andalan Toyota itu diminati berbagai negara di dunia. Mobil itu diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Menurut PR Manager PT Toyota Astra Motor Rouli H Sijabat, Fortuner buatan Indonesia sudah mendunia. Bahkan, penjualan Fortuner di luar negeri lebih banyak ketimbang di dalam negeri.

Baca Juga:  Tiga Jenis Bisnis Makanan Menjanjikan Ini Layak Kalian Coba

“Fortuner sendiri memang menjadi pilihan penting. Karena mobil ini kualitas global,” sebut Rouli dikutip dari detik, Minggu (8/7/2018).

Menurut Rouli, Fortuner sudah diproduksi sebanyak 574 ribu dari pertama kali meluncur pada 2005 sampai Juni 2018 kemarin. Dari angka itu, Fortuner lebih banyak diekspor ketimbang dijual di dalam negeri.

“70 persennya diekspor. Jadi cuma 30 persen yang di Indonesia. Jadi ini sebetulnya mobil ekspor,” ucap Rouli.

Baca Juga:  Tidak Ada Keahlian, Jangan Cari Kerja Ke Bandung

Dia menyebut, Fortuner mempunyai peran penting dalam mengembangkan pasar otomotif di Indonesia. Penjualannya di dalam negeri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Fortuner pertama muncul tahun 2005, sampai sekarang sudah 16 tahunan. Kalau dilihat dulu dari 2005-2010 itu rata-rata penjualan di Indonesia angkanya masih di bawah 10.000 unit setahun,” ceritanya.

Tahun 2011-2015 naik per tahunnya jadi 11-20 ribu. Kemudian 2016 muncul yang baru sampai sekarang sudah hampir 3 tahun angkanya naik lagi jadi di atas 20.000, bahkan 2016 itu mencapai 28 ribu setahun.

Baca Juga:  Miris, Beratapkan Terpal Siswa SD Belajar di Halaman Rumah Warga

“Kita berterima kasih kepada para pencinta di segmen SUV yang turut mengembangkan pasar,” ucap Rouli.

“Ini mobil yang termasuk penyumbang ekspor terbesar dari pabrik Toyota di Karawang. Sudah diekspor ke 56 negara,” sebut Rouli. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat