Hindari Parasit Cacing Dengan Membeli Ikan Segar

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi penggemar ikan, tidak usah khawatir dengan temuan parasit cacing dalam ikan makarel kalengan. Pasalnya masyarakat masih bisa mengkonsumsi ikan dengan cara lain tanpa harus membeli yang kalengan.

Dikutip Republika.co.id. Seorang ahli nutrisi Tan Shot Yen memastikan ada cara mudah menghindari cacing dalam ikan.

Baca Juga:  Kampus UINSU Dapat Meningkatkan Perekonomian Warga Tebing Tinggi

Ia meminta masyarakat membeli dan memasak sendiri ikan segar. Menurutnya, memang belum ada penelitian apakah cacing yang mati ini jika tertelan manusia ada dampaknya.

Sehingga penelitian lanjutan dibutuhkan terkait akumulasi berapa banyak protein cacing yang bisa menyebabkan kesehatan manusia terganggu.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Bandung Fokus Kurangi Angka Kemiskinan

“Seperti yang sering saya jelaskan, alangkah baiknya mengonsumsi pangan sehat. Yaitu yang semakin dekat dengan kondisi aslinya sesegar mungkin,” ujarnya, Kamis (29/3/2018).

Ia menjelaskan, ikan makerel masih sekeluarga dengan ikan kembung. Jika bisa membeli ikan kembung segar di pasar, kata dia, masyarakat bisa membersihkannya dengan lebih cermat.

Baca Juga:  Pj. Bupati Purwakarta Minta Perusahaan Daftarkan Warga Jadi Peserta BPJS Kesehatan

“Jadi mengapa beli yang kalengan? Justru ikan segar malah bisa kita masak dengan berbagai resep,” katanya. Pilihannya pun beragam bisa diolah menjadi kari, pepes, atau dibakar dengan daun. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat