Jabar Kekeringan, Emil Imbau Warga Berhemat Air Semaksimal Mungkin

JABARNEWS | BANDUNG – Krisis air yang melanda sebagian wilayah di Jawa Barat sekarang ini, harus menjadi perhatian para petinggi daerah. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk menghemat air semaksimal mungkin.

Emil mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan dari udara dan memang terlihat sungai, dan waduk yang ada di Jawa Barat terlihat kering, bahkan debit air di waduk Jatiluhur terlihat mengalami penurunan hingga 8 meter.

Baca Juga:  Disperkim Jabar Sebut Perbaikan Rutilahu Bisa Jadi Stimulus Pemulihan Ekonomi

“Kemarin mengamati dari udara, memang sepanjang yang saya lihat sungai-sungai kering Jatiluhur juga turun lebih dari 8 meter. Kemudian, Jatigede saya monitor juga sudah turun ada lokasi bekas kampungnya juga kelihatan lagi, sungai-sungai juga kering,” kata Emil saat ditemui di Gedung Sate Bandung, Rabu (3/10/2018).

Baca Juga:  Melalui TMMD, TNI Ajak Warga Jaga NKRI

Selain mengimbau masyarakat untuk tetap berhemat, ia juga telah menginstruksikan PDAM agar memberikan program tangki air kepada wilayah-wilayah yang terdampak dari kekeringan. Ia juga berencana untuk menanyakan fenomena kekeringan di Jawa Barat ini kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga:  Mengusir Jin Dan Setan Dalam Tubuh Dengan Daun Bidara, Begini Caranya

“Sambil saya akan mengecek juga ke BMKG apakah tren ini normal atau ada fenomena alam yang kita perlu waspadai di waktu-waktu mendatang,” kata Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat