Laju Pertumbuhan Penduduk Dipengaruhi Pendatang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Faktor migrasi penduduk dari luar Purwakarta mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk, demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Nurhidayat, usai kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Aula Janaka, Kabupaten Purwakarta, Senin(7/5/2018).

Baca Juga:  Tiba Di Arab Saudi, Dua Calon Haji Meninggal Dunia

“Penduduk yang datang dari luar lumayan banyak. Mereka datang untuk bekerja di sejumlah pabrik di Purwakarta,” paparnya.

Para pendatang bekerja di Purwakarta banyak yang sudah menikah dan mempunyai anak.

“Yang datang dari luar ini saya temukan banyak yang memiliki anak,” ucapnya.

Baca Juga:  Sky Walk Cihampelas Bakal Dibikin Makin Lebay

Meskipun demikian, menurut Nurhidayat, migrasi tersebut tidak serta merta dapat dicegah demi menekan laju pertumbuhan penduduk di Purwakarta.

Ia justru mengimbau lewat Dinas Ketenagakerjaan untuk membuat regulasi agar sejumlah pabrik di Purwakarta lebih banyak menyerap tenaga kerja dari Purwakarta.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Salah Klaim Kelurahan Kebon Jayanti Nol Kasus Covid-19

“Migrasi nya sendiri tidak bisa dicegah, namun contohnya dinas tenaga kerja bisa berkoordinasi dengan pabrik-pabrik di Purwakarta untuk lebih banyak menyerap pekerja asal Purwakarta,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat