Lomba Desa Ajang Pemberdayaan Masyarakat

JABARNEWS | SUBANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Subang menggelar Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten SubangTahun 2018. Kali ini, Tim penilai Lomba Desa dan Camat Jalancagak, mengunjungi Desa Tambakmekar Kecamatan, Jalancagak, Kabupaten Subang.

Kabid PUEM Dispemdes Kabupaten Subang Wawan Suwirta mengatakan, kegiatan itu dalam rangka mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan. Selain itu kata Wawan, lomba desa cara melihat langsung baik itu penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan termasuk pemberdayaan masyarakat desa.

Baca Juga:  Maju di Pilwalkot Bandung DMK Tempuh Jalur Independent

Kata Wawan, untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan,maka perlu dilakukan perlombaan desa dan kelurahan secara terarah, terkordinasi, terpadu dan berkelanjutan. Penilaian lomba desa dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/kota dan tingkat Provinsi sampai pada tingkat Nasional.

“Dalam penilaiannya dilakukan secara objektif dan subyektif,” kata Wawan, Kamis (29/3/2018).

Dikatakan Wawan, ajang lomba desa/ kelurahan merupakan agenda tahunan. Desa/kelurahan yang terpilih, dalam penilaian Tim Evaluasi Perkembangan Desa/kelurahan Tingkat Kabupaten Subang. Nantinya para pemenang akan menjadi duta Kabupaten untuk mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Jabar.

Baca Juga:  Begini Cara mengatasi Wajah Berminyak Agar Terhindar Dari Jerawat

“Lomba desa merupakan program nasional yang bertujuan sebagai wadah untuk mengevaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat desa dan kelurahan,” paparnya.

Kepala Desa Tambakmekar, Dede Rohendi menyampaikan, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan Desa Tambakmekar bertekad menjadi juara dalam lomba Desa itu.

Lanjutnya, kegiatan itu diprakarsai masyarakat sesuai arahan pihak Desa, BPD Desa, LPM dan Pendamping Desa.

Baca Juga:  Erupsi Anak Krakatau, Peringatan Dini Mana?

”Tidak terlepas dukungan dari Muspika dan seluruh lapisan masyarakat kami,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Jalancagak, Wahyu Suryana mengharapkan, melalui lomba desa ini, dapat menjadi pemicu untuk peningkatan pelayanan oleh berbagai instansi dan pemerintahan Desa seusai peraturan dan undang-undang yang berlaku.

“Mengembangkan upaya positif Desa serta melibatkan diri secara langsung dalam mengembangkan potensi sumber daya alam Desa Tambakmekar,” kata Wahyu. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat