Mobile VCT Depok Kali Ini Sasar Pasar Cisalak

JABARNEWS | DEPOK – Untuk mendeteksi HIV/AIDS Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melaksanakan kegiatan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT).

“Kami melakukan pemeriksaan ini untuk mendeteksi dan menanggulangi penderita HIV/AIDS di Kota Depok, terutama di lokasi sekitar Pasar Cisalak,” tutur Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Depok Rani Martina usai peresmian layanan kesehatan di Pasar Cisalak, Rabu (01/8/2018).

Baca Juga:  Pelayanan Kantor Samsat Dibatasi 50 Persen, DPRD Jabar: Perlu Ada Inovasi

Melansir depoknews.id, menurut Rani, pemeriksaan Mobile VCT yang sudah rutin dilakukan oleh Dinkes Kota Depok ini melalui beberapa tahap. Pertama akan dilakukan konseling mengenai HIV/AIDS. Selanjutnya, masyarakat akan diperiksa dengan pengambilan darah.

Baca Juga:  Ormas dan LBH Mengeluh Dicuekin Pemkab Tasikmalaya

“Sebelum pemeriksaan, kami beri penyuluhan terlebih dahulu, kemudian dapat mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS dan hasilnya dapat langsung diketahui,” jelas Rani.

Rani berharap dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan ini diharapkan dapat mendeteksi dan menanggulangi penderita HIV/AIDS di Kota Depok. Pasalnya, penyakit mematikan ini dapat merugikan penderita hingga keturunan dari penderita. (Vie)

Baca Juga:  Inspiratif, Kisah Pemuda di Purwakarta Yang Kini Punya Pabrik Keramik Sendiri

Jabarnews | Berita Jawa Barat