Ngemil Kerang Ijo Disini Maknyus

JABARNEWS | BANDUNG – PECINTA kuliner seafood pasti hafal dengan makanan laut satu ini. Kerang hijau atau ijo (Perna viridis) atau dikenal sebagai green mussels adalah binatang lunak (moluska) yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau.

Nah menu kerang ini dulu hanya tersaji di restoran-restoran atau khusus santapan seafood loh, tapi sekarang kita bisa menemukan dimana saja bahkan pedagang kaki lima dilingkungan sekolah pun ada. Tak terkecuali di tempat tongkrongan anak muda kota Bandung ini.

Baca Juga:  Pergi ke Demak, Dedi Mulyadi Siap Jadi Jaminan Kasus Ibu Dipolisikan Anaknya

Si empunya resep Seafood Kelana sekaligus pemilik kuliner Seafood Kelana, Akang Kelana sukses menciptakan resep baru untuk kerang hijau.

Kerang ijo buatan seafood Kelana berbeda dari yang lain, (Foto: Tri/Jabarnews).

“Sebetulnya ini resep keluarga yang sudah turun temurun. Untuk pemilihan bumbunya sama saja dengan resep nusantara lainnya yaitu menggunakan rempah-rempah asli Indonesia, hanya saja bedanya saya mengolah kerang dengan dua kali rebusan agar bersih dan higenis,” papar Akang Kelana saat ditemui di Klik.4.u Pojok Sharing Asik di Jl. Rancabolang P89 depan SMK Bumi Siliwangi kepada jabarnews.com, Selasa (7/8/2018).

Baca Juga:  Sidang Gratifikasi Eks Bupati Bandung Barat, Dua Mantan Pejabat Ini Menangis Sesenggukan

Seafood Kelana sendiri baru berkelana pasca bulan ramadan dan kini sudah menjadi menu andalan anak-anak sekolah. Rasa kuah dari kerang itu sendiri nyaris mirip resep sayur ikan, rempah-rempahnya begitu terasa dilidah. Bahkan untuk kerangnya sendiri empuk dan bumbunya terasa hingga daging kerangnya.

“Resep kerang ijo ini memang beda dari kerang ijo biasa yang menggunakan bumbu kuning. Itu juga akhirnya menjadi favorit pembeli dari kalangan anak muda, bahkan mereka yang beli tidak jarang menyantapnya tanpa nasi dan dijadikan cemilan. Makanya kami menyiapkan porsi ekonomis dengan harga Rp.5000,” ujarnya.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Alam Desa Cirangkong Dan Kampung Kahuripan Purwakarta

Selain kerang hijau, ada juga kerang dara dengan bumbu pedas dan bisa di mix dengan kerang ijo. Kedepannya Seafood Kelana tidak hanya akan menyajikan kerang saja tapi juga beragam seafood.

“Alhamdulillah sejauh ini respon dari kerang ijo dan dara ala Seafood Kelana cukup bagus dan peminatnya tinggi,” tutup Akang Kelana. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat