Pj. Bupati Purwakarta Resmikan Sudut Baca Di Pelangi Plaza

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bayangkan perpustakaan, hening, lengang, tumpukan buku kusam, petugas yang kaku, dan tempat yang dikunjungi karena keharusan. Sekarang bayangkan pusat belanja modern (mal), berisik, ramai, pajangan tertata rapi, dan tempat yang dikunjungi karena menyenangkan.

Perbedaan yang seperti bumi dan langit ini bisa disatukan di Purwakarta, dengan dibukanya sudut baca di pusat perbelanjaan Pelangi Plaza, Jalan Taman Pahlawan, Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/9/2018).

Baca Juga:  Wujudkan Solidaritas, ACAMM Ke-20 Digelar di Bandung

Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso, mengatakan, dengan menggabungkan kekuatan dan potensi yang dimiliki perpustakaan dan pusat perbelanjaan, masyarakat akan memiliki perpustakaan yang menyenangkan dan sekaligus mal yang mencerdaskan.

“Setiap orang butuh buku dan harus membaca. Beberapa membeli buku dan membaca karena terpaksa dan lainnya untuk rekreasi dan hiburan. Tidak banyak yang membedakan minat baca manusia satu dengan lainnya, semuanya terdorong untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, atau kesenangan dari membaca,” ujarnya, saat membuka sudut baca di pelangi Plaza, Kamis (13/9/2018).

Baca Juga:  Dari Mulai Seblak Hingga Peuyeum, Ini Oleh-oleh Khas Bandung

Ia menuturkan, Untuk dapat terus bertahan dalam ketatnya persaingan, setiap orang harus terus membangun potensi dirinya melalui asupan informasi yang berkelanjutan.

“Kebutuhan akan asupan informasi ini terkadang dikikis oleh minimnya dana untuk beli buku dan akhirnya pemenuhan informasi beralih pada sumber lisan dan media elektronik yang -tidak seperti dari buku- amat dangkal dan terbatas,” kata dia.

Baca Juga:  Katon Tourism Expo 2019 Akan Eksplor Pariwisata Ciayumajakuning

Dengan dibukanya sudut baca ini, tambah Taufiq, dirinya juga berterima kasih kepada seluruh unsur penggiat literasi membaca dan menulis. Ia berharap setelah diresmikannya sudut baca ini dapat mendongkrak minat masarakat untuk membaca.

“Karena dengan membaca akan menambah pengetahuan, Saya berharap sudut baca ini dapat menarik minat masyarakat untuk dapat berkunjung ke Pelangi Plaza Purwakarta,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat