Pj. Bupati Purwakarta: Sudut Baca, Tingkatkan Literasi Masyarakat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sudut baca di area pusat perbelanjaan itu adalah salah satu cara pemerintah nasional, provinsi, dan daerah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Pernyataan itu diungkapkan, Penjabat Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso.

“Ini awal yang baik. Sebagai salah satu cara meningkatkan budaya gemar membaca masyarakat,” ujarnya, saat meresmikan sudut baca di Pelangi Plaza lantai 2, Kamis (13/9/2018).

Menurut Taufiq, sudut baca yang didirikan di pusat perbelanjaan atapun mal bertujuan agar masyarakat secara umum bisa mengakses buku bacaan dengan mudah.

Baca Juga:  Pemerintah Kucurkan Rp 4 Triliun Untuk Tangani Gempa Lombok

“Tempat umum seperti mal ini kan banyak pengunjungnya. Nah dengan adanya pojok bacaan mereka bisa sambil belanja dan sambil baca buku juga. Nantinya gak hanya di mal saja tapi di tempat umum lainya seperti stasiun kereta api, halte bus, rumah sakit, dan lainya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemuda Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan

Sementara itu di tempat yang sama, perwakilan pemilik Pelangi Plaza, Daniel Sianturi, mengatakn, pihaknya sangat mendukung dibukanya sudut baca.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta untuk membuka pojok baca di sini,” katanya.

Daniel mengungkapkan, pihak Pelangi Plaza merasa bangga menjadi bagian dari program pemerintah dalam rangka peningkatan literasi dan budaya membaca di masyarakat.

“Tentu bangga jadi bagian dari program pemerintah. Apalagi di Purwakarta pojok baca di mal baru ada di kami,” ujarnya.

Baca Juga:  Cristiano Ronaldo Sanjung Juventus

Diketahui, sementara ini terdapat sekitar 1300 buku anak-anak dan usia remaja pada Sudut Baca Pelangi Plaza.

“Buku tersebut adalah pinjaman dari Perpustakaan Provinsi Jabar dan Kabupaten Purwakarta. Kemudian pemberian Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta serta sumbangan dari masyarakat umum,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat