Tiga Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Tumbuh Sehat, Ikuti Langkahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Cara menanam bunga anggrek bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, tak jarang orang menyepelekan hal ini. Sehingga, tanaman anggrek tidak tumbuh dengan baik.

Agar anggrek bisa tumbuh dengan baik, ada beberapa cara menanam bunga anggrek yang benar serta langkah-langkahnya. Maka dari itu hal tersebut penting untuk kalian ketahui.

Berikut beberapa cara menanam anggrek agar tumbuh dengan baik yakni:

Pertama. Tentukan Jenis Bunga Anggrek – Cara menanam bunga anggrek pertama adalah menentukan jenisnya terlebih dulu. Tentu saja, kamu harus mencari tahu mengenai spesies bunga anggrek yang ingin ditanam sehingga tahu teknik perawatan yang pas.

Baca Juga:  Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

Saat ini, terdapat ribuan spesies bunga anggrek yang bisa kamu pilih di pasaran. Namun, jika kamu merupakan pemula, kamu bisa memilih jenis bunga anggrek yang cenderung mudah ditanam, seperti phalaenopsis, cattleya, atau paphiopedilum.

Kedua. Sediakan Media Tanam – Banyak orang menyamakan media tanam bunga anggrek seperti tanaman hias lainnya. Namun, hal tersebut dirasa kurang efektif karena kamu sebaiknya memberikan ruang yang cukup agar akar pada tanaman bunga anggrek dapat bernapas lebih maksimal.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih media tanam yang cukup besar dan berpori, seperti arang dan akar pakis agar pertumbuhan bunga anggrek makin optimal.

Baca Juga:  Pelanggar PPKM Darurat di Indramayu Hasilkan Rp600 Juta, ke Mana Uangnya?

Ketiga. Proses Penanaman Bunga Anggrek – Jika kamu telah mempersiapkan bunga anggrek, media tanam, serta pot tanah, maka kamu bisa beralih ke proses penanaman. Saat melakukan proses penanaman ini, pastikan kamu tidak menemukan akar bunga anggrek yang mati ataupun busuk. Jika ada, langsung potong bagian akar yang rusak tersebut agar tidak mempengaruhi bagian akar yang kondisinya bagus.

Setelah itu, kamu bisa mulai menanam bunga anggrek dengan memasukkan arang terlebih dulu ke dalam setengah bagian pot. Kemudian, taruh bunga anggrek di atas arang dengan menyebarkan akarnya. Proses selanjutnya, kamu bisa mengisi sisa pot dengan akar pakis sampai penuh hingga bunga anggrek dapat berdiri dengan tegak.

Baca Juga:  Nahas! Mahasiswi Asal Serdang Bedagai Tewas Terlindas Truk

Keempat. Perawatan Bunga Anggrek – Selain memilih media tanam yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan teknik perawatan tanaman bunga anggrek agar dapat tumbuh secara optimal. Adapun, proses perawatan ini dapat dilakukan secara sederhana sebab kamu hanya perlu menyiram tanaman bunga anggrek secara berkala.

Selain itu, pastikan juga bahwa bunga anggrek yang kamu tanam memperoleh sinar matahari yang cukup, tapi tidak berlebihan. Jika tanaman bunga anggrek sudah berukuran besar, kamu juga bisa mengganti pot tanaman dengan ukuran yang lebih memadai. (Red)