Tiga Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan, Diantaranya Sering Mengunyah Es Batu

JABARNEWS | BANDUNG – Gigi terasa ngilu berkepanjangan jelas sangat mengganggu. Berbagai aktivitas yang kita lakukan pun jadi tidak enak lantaran gigi ngilu. Penyebab gigi ngilu berkepanjangan bisa disebabkan berbagai faktor. Ini merupakan pertanda sensitivitas pada gigi.

Gigi ngilu merupakan sensasi ketidaknyamanan pada gigi sebagai respons terhadap rangsangan tertentu, seperti suhu panas atau dingin. Gigi ngilu bisa bersifat ringan atau kronis, dapat memengaruhi satu gigi, beberapa gigi, atau semua gigi.

Baca Juga:  Jumlah Kendaraan Menurun 22 Persen di H-2 Lebaran

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab gigi ngilu berkepanjangan yakni:

Pertama. Soda – Soda dapat menimbulkan erosi pada lapisan terluar gigi. Ini yang menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu. Erosi ini menyebakan pengikisan yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan gigi berlubang.

Jika kamu ingin tetap mengonsumsi minuman bersoda, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Minum soda dengan cepat dan berkumur setelahnya dapat mencegah pengikisan enamel gigi yang menyebakan gigi sensitif.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Kerudung Pashmina Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Kedua. Mengunyah es batu – Bagi sebagian orang, mengunyah es batu adalah cara ampuh mengatasi dehidrasi atau rasa pedas. Namun, melakukannya terlalu sering dapat memberi dampak buruk pada gigi.

Seiring berjalannya waktu, mengunyah es batu bisa mengikis enamel gigi. Ketika enamel terkikis, gigi bisa menjadi sangat sensitif terhadap zat panas dan dingin.

Baca Juga:  Jika Dihukum 5 Tahun, Oknum ASN Itu Bakal Dipecat

Ketiga. Sering menggemeretakkan gigi – Sering menggemeretakkan gigi dapat menyebabkan sensitivitas gigi kronis yang menyebabkan ngilu berkepanjangan. Menggemeretakkan gigi bisa merusak enamel dan mengganggu dentin, atau lapisan tengah gigi, yang berisi tabung berlubang yang mengarah ke saraf. (Red)