Waduh! Ratusan Ibu Hamil di Kabupaten Tasikmalaya Terpapar Covid-19

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani menyebut sejauh ini sudah terdata sebanyak 168 ibu hamil terpapar Covid-19.

Atas dasar itu, hamil menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19 sesuai dengan surat edaran Kementrian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, nomor HK.02.01/I/2007/2021 tertanggal 2 Agustus 2021.

Baca Juga:  Gomez Dukung Perkembangan Sepakbola Wanita

“Tentunya dalam upaya meningkatkan herd immunity serta pencegahan penularan Covid-19 kepada ibu hamil, harus dibarengi dengan vaksinasi,” kata Dada, Rabu (11/8/2021).

Dadan juga meminta Bumil untuk tidak takut mengikuti vaksinasi Covid-19. Karena vaksin telah lulus uji keamanannya bagi Bumil dan janin dalam kandungan.

Baca Juga:  Emil Diterpa Isu LGBT, Begini Kata Pakar Politik

Meski tetap ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi. “Vaksinasi untuk ibu hamil ini sangat aman untuk kekebalan ibu hamil dan janin,” ucapnya.

“Di Kabupaten Tasikmalaya ini ada sekitar 9.900 lebih sasaran ibu hamil yang akan divaksin,” tambahnya.

Kementerian Kesehatan sendiri mengeluarkan surat edaran tentang vaksinasi Bumil atas alasan meningkatnya kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 di sejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan berat (severe case).

Baca Juga:  Pemkab Garut Siapkan Program Paket Wisata, Berikut Ini Destinasinya

Selain itu, ibu hamil dengan kondisi medis tertentu memiliki peningkatan risiko menjadi berat bila terpapar Covid-19. Karena itu vaksinasi diharapkan mengurangi resiko tersebut. (Red)