Waspada, Bantal Dapat Memicu Berbagai Masalah Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian orang, bantal merupakan sumber kenyamanan saat tidur. Namun di satu sisi, bantal pun dapat memicu seseorang jatuh sakit. Benarkah?

Ada beberapa alasan yang dapat membuat bantal justru dapat menjadi pemicu dari berbagai masalah kesehatan. Dan berikut di bawah ini adalah ulasannya.

Kekakuan Sendi

Jika Anda terbangun dengan sendi yang kaku di pagi hari, maka salahkanlah bantal Anda. Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan otot dan membuat Anda terbangun dengan leher kaku dan nyeri bahu di keesokan harinya.

Baca Juga:  Padat, 30 Ribu Kendaraan Masuki Cipali Tiap Jam

Pemicu Jerawat

Menurut dokter kulit Dr. David Bank dari Pusat Dermatologi Kosmetik dan Bedah Laser di New York, jerawat mekanika adalah jenis jerawat yang dipicu oleh gesekan atau karena bahan tertentu menyentuh wajah. “Ketika sarung bantal Anda tidak dicuci atau diganti secara teratur, tumpukan kotoran dan minyak di kulit dan rambut Anda yang menyentuh bantal akan kembali menyentuh kulit Anda dan memicu jerawat,” jelasnya.

Gangguan Tidur

Jika Anda terus-menerus harus menyesuaikan kembali bantal Anda ketika mencoba untuk tidur, maka itu tandanya masa pakai bantal Anda telah habis. Tidur di atas bantal yang sudah habis masa pakainya dapat menyulitkan otak dan tubuh untuk rileks, yang pada gilirannya dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan memicu kelelahan di siang hari.

Baca Juga:  Pastikan Pasokan Aman, Pemkot Bandung MoU Pemkab Lebak

Alergi

Bantal dapat menjadi tempat hidup dari tungau debu. Jika Anda tidak rajin membersihkannya, maka tungau ini akan menjadi pemicu alergi. Beberapa tanda jika Anda mengidap alergi tungau antara lain sesak di dada, serta gatal pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Bayi Mati Lemas

Para ahli telah mengingatkan orangtua untuk mencegah bayi tidur menggunakan bantal. Gerak refleksnya saat tidur dikhawatirkan dapat menyebabkan bantal berubah posisi dan menutupi area wajahnya. Risiko yang paling bahaya dari kebiasaan ini adalah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), yakni kondisi di mana bayi mati lemas karena kekurangan oksigen.

Baca Juga:  Hari Ini dan Besok, BMKG Sebut 5 Provinsi Ini Berpotensi Banjir dan Bandang

Itulah tadi beberapa alasan yang dapat membuat bantal yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari femaleradio.co.id

Jabarnews | Berita Jawa Barat