Waspadalah, Ini Modus Kejahatan Yang Intai Jemaah Calon Haji

JABARNEWS | MAKKAH – Jemaah calon haji Indonesia yang tangah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci mengenali modus kejahatan di Masjidil Haram dan beberapa tempat ibadah lainnya.

“Modus kejahatan di sini itu beragam. Ada yang pura-pura menawarkan jasa,” ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Endang Jumali, seperti dikutip Liputan6 dari Antara, Jumat (3/8/2018).

Baca Juga:  Yana Mulyana Berharap Minggu Depan Kota Bandung Masuk Level Tiga, Ini Alasannya

Endang mencontohkan, baru-baru ini terjadi penipuan di Masjidil Haram terhadap calon haji Indonesia lanjut usia dengan berpura-pura menawarkan bantuan.

Pelaku menanamkan kepercayaan kepada korban dengan membantu berbagai hal di Masjidil Haram sampai sang kakek pergi ke toilet.

“Saat kakek ke toilet sang pelaku melakukan modus operandinya dengan mengatakan ke korban agar menitipkan tas kepadanya dengan alasan tidak boleh membawa barang bertuliskan Allah ke kamar mandi,” paparnya.

Baca Juga:  Lakukan Coklit, KPU RI Sambangi Kediaman Ridwan Kamil

Seusai ke toilet, lanjut Endang, tas memang dikembalikan, tetapi kakek baru sadar jika uang di dalamnya raib, padahal pelaku sudah pergi jauh.

Atas kasus seperti itu, Endang menyarankan agar jemaah calon haji tidak pernah menitipkan tasnya kepada orang tidak dikenal karena sangat berisiko.

Baca Juga:  Pasutri Pengedar Sabu Jaringan Lapas di Jakarta Terancam Hukuman Mati

“Tas biasanya berisi uang dan kelengkapan dokumen imigrasi seperti paspor. Jika sampai hilang maka persoalan akan semakin pelik, terutama paspor,” kata Endang. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat