Wujudkan Indonesia Emas, DPRD Jabar Dorong Implementasi Budaya Pancasila

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Parlemen Mengabdi 2021 dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila di Grand Sunshine Resort and Convention Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (17/6/2021).

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengimplementasikan pembudayaan pancasila di sektor pendidikan, khususnya pendidikan di jenjang menengah.

“Kita memiliki satu gambaran mengoperasionalkan pembudayaan pancasila ini bisa diterapkan di jenjang pendidikan menengah,” kata Bedi saat konferensi pers.

Baca Juga:  KA Galunggung Beroperasi, Wakil Wali Kota Bandung Sumringah

Menurutnya, Pancasila sangat penting dalam mencapai tujuan Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Kalau kita berbicara tujuan emas. Justru ini akan menjadi calon generasi penerus di 2045,” ucapnya.

Bedi menyebut, pihaknya akan mendorong persoalan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), diantaranya Silabus dan metode atau cara mengajar pancasila.

Pasalnya, lanjut Bedi, guru dituntut untuk mengajarkan Pancasila dengan bahasa yang mudah dipahami.

“Teks (Pancasila) harus disampaikan oleh guru dengan menyampaikan kalimat yang mudah dipahami,” tuturnya.

Baca Juga:  Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Tidur Siang Lebih Berkualitas

“Para guru juga menyampaikan informasi bahwa perlu ada penyampaian langkah bersama,” tambahnya.

Bedi menjelaskan bahwa pendidikan PKN harus memunculkan penghayatan untuk membentuk karakter. Sebab, sambung dia, output dari pelajaran PKN tentang Pancasila sangat penting untuk kelestarian bangsa Indonesia.

“Guru harus menjadi penutur yang baik. Secara psikomotorik juga terlibat. Penghayatan budi pekerti untuk mendidik karakter murid,” jelasnya.

Sekadar informasi, ada beberapa rangkaian acara dalam kegiatan Parlemen Pancasila 2021, salah satunya ada lomba Podcast untuk siswa.

Baca Juga:  Pastikan WNA Tidak Masuk DPT DPRD Jabar kunjungi Disdukcapil Kabupaten Cianjur

Sedangkan, dalam acara Peringatan Hari Pancasila ini juga diselenggarakan secara online dengan konsep webinar. Webinar ini dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari.

Tak hanya itu, turut hadir Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara daring. Serta yang hadir ke lokasi BNPT Dr. Yudi Latif, Setara Institute Tigor Bonar, Jaka Tarub Jabar Wawan Gunawan, Kadisdik Jabar Dedi Supandi, Kesbangpol Jabar Iip Hidajat, dan Kanwil Kemenag Jabar. (Red)