Yossi – Aries Janji Benahi Pasar Tradisional

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai upaya memperkuat daya saing ekonomi kerakyatan, Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto – Aries Supriatna berjanji akan membenahi pasar-pasar tradisional di Kota Bandung yang masih kumuh menjadi pasar bersih, tertata, dan ramai pengunjung.

Calon Wakil Wali Kota Bandung, Aries Supriatna, mengatakan, saat ini persoalan yang dihadapi sejumlah pasar tradisonal di Bandung adalah kondisi pasar yang kotor dan kumuh serta sepi pengunjung sehingga banyak pedagang yang gulung tikar.

Padahal, lanjut Aries, kondisi pasar yang kumuh dan sepinya pengunjung saling berkaitan. Menurutnya, salah satu penyebab sepinya pengunjung di pasar tradisional adalah karena kondisi pasar yang kumuh dan semrawut.

Baca Juga:  Yummy, Kuahnya Mantap, Mie Yamin Manisnya Mantap

“Oleh karena itu, ke depan pasar-pasar tradisional ini harus dibenahi supaya menjadi pasar yang bersih dan tertata. Namun penataan ini jangan sampai menghilangkan ciri khasnya sebagai pasar tradisional. Bukan jadi pasar modern,” tutur Aries, saat berdialog dengan para pedagang Pasar Cibogo, Sukajadi Bandung, Senin (23/4/2018).

Dikatakan Aries, fungsi dan kekhasan pasar tradisional sebagai tempat berinteraksinya masyarakat terutama pedagang dan pembeli, harus tetap dipertahankan meski nantinya pasar ditata lebih modern dan bersih.

“Pasar tradisional zaman now harus bersih dan tertata baik sehingga seluruh lapisan masyarakat pun tertarik dan mau datang ke pasar. Dengan begitu, pedagang pun bisa nyaman berusaha karena pengunjungnya membludak. Pasar pun akan menjadi sentra kegiatan ekonomi warga,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kapolri Cek Pos PAM Cikopo - Purwakarta

Dia berkomitmen, bila pasangan yang memiliki tagline Bandung Hebring itu terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung selanjutnya, akan menjadikan penataan pasar-pasar kumuh sebagai salah satu program prioritas pasangan Yossi-Aries.

Namun sebelum itu, Aries menegaskan akan terlebih dahulu menyelesaikan persoalan status lahan dan aset pasarnya agar dalam pembangunan dan penataannya tidak menjadi masalah di kemudian hari. Sebab pemerintahan sebelumnya, kata dia, seringkali tidak bisa menata karena terkendala persoalan aset lahannya.

“Selain itu yang paling krusial adalah persoalan komunikasi. Tentu program penataan harus didahului proses komunikasi yang intensif sehingga terbangun saling pengertian dan kesepahaman. Sebab, penataan pasar itu terkait kepentingan pedagang, pengunjung hingga pemerintahnya,” beber mantan Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung itu.

Baca Juga:  Awas! Sakit Kepala Ini Mesti Kalian Waspadai, Bisa Jadi Gejala Tumor

Selain menata pasar tradisional, pasangan Yossi – Aries juga berencana membangun dan merevitalisasi pasar-pasar wisata dan pasar khas lainnya. Sebagai kota tujuan wisata, keberadaan pasar-pasar wisata akan memiliki prospek bagus sekaligus menumbuhkan pusat-pusat perekonomian masyarakat.

“Nanti pasar-pasar wisata ini akan mempunyai ciri khas masing-masing. Pasar khas yang sudah ada pun akan kita benahi,” katanya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat