Begini Cara Merawat Kelinci Anggora Bagi Pemula Agar Tak Cepat Mati

JABARNEWS | BANDUNG – Cara merawat kelinci Anggora bisa dibilang lebih mudah dan murah ketimbang hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing. Kelinci jenis ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih orang.

Nagi pemula untuk merawat kelinci anggora, ada banyak cara yang dapat kalian lakukan. Hal tersebut bisa membuat kelinci jadi tidak mudah mati. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

Baca Juga:  Polresta Bogor Tanggap Tangani Bencana Puting Beliung

Berikut beberapa cara merawat kelinci anggora bagi pemula agar tidak mudah mati yakni:

Pertama. Pilih kandang yang berukuran besar – Apabila kamu mau menaruh kelinci di dalam kandang, pastikan ukurannya besar. Sebab, kelinci membutuhkan ruang lebih untuk bergerak dengan mudah.

Paling tidak, kandang satu kelinci harus lima kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Ukuran ideal dari kandang kelinci adalah 200 x 70 x 70 cm dengan tinggi 50 cm.

Baca Juga:  Kepala SMAN 1 Maniis Purwakarta Ngaku Terpukul Dituding Korupsi, Sebut Ada Dalang Di Balik Aksi Siswa

Kedua. Sediakan tempat bersembunyi di dalam kandang – Kelinci juga membutuhkan privasi. Mereka perlu tempat bersembunyi untuk tidur di siang hari. Untuk itu, letakkan kardus di dalam kandang supaya mereka bisa masuk ke dalamnya.

Ketiga. Memberikan kelinci rumput jerami dan asupan sayuran – Rumput jerami adalah jenis makanan paling ideal untuk tumbuh kembang mereka. Beberapa jenis makanan lain seperti sayuran yang mengandung vitamin A juga penting untuk kesehatan kelincimu.

Baca Juga:  20 Orang Jadi Korban Chikungunya, Pemkab Subang Dinilai Abai Lakukan Tindakan

Keempat. Sikat bulu kelinci tiap hari – Sangat tidak dianjurkan untuk memandikan kelinci sering-sering. Sebagai gantinya, kamu bisa menyikat bulu mereka secara rutin setiap harinya agar tetap bersih dan bebas dari kotoran. (Red)