Berikut Lima Sektor Bisnis Babak Belur Akibat Dari Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sudah hampir setahun pandemi Covid-19 ini masih berlanjut dan telah mengubah kebiasaan dari mulai bekerja, belajar, memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan hingga sektor bisnis.

Tindakan tersebut tentunya akan ada beberapa dampak baik maupun dampak buruk, untuk dampak buruknya ada beberapa sektor bisnis yang mengalami masa sulit bahkan tak jarang hingga bangkrut.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber. Berikut sektor-sektor bisnis yang mengalami penurunan pendapatan bahkan hingga bangkrut. Diantaranya:

Baca Juga:  Komisi IV DPRD Jabar Desak Pemerintah Segera Tentukan Lokasi Asrama Haji Untuk BIJB

1. Hotel dan Pariwisata – Hotel dan pariwisata tidak dapat dimungkiri menjadi sektor pertama yang merasakan keterpurukan kala Covid-19 menyerang. Akibatnya keduanya harus menelan kerugian saat salah satunya merugi bahkan bisa sampai bangkrut.

2. Maskapai Penerbangan – Adanya pembatasan wilayah hingga lockdown beberapa negara di dunia, membuat industri penerbangan sangat terpukul. Mulai dari pembatalan penerbangan hingga proses refund menjadi pukulan krisis keuangan bagi setiap perusahaan penerbangan di dunia.

Baca Juga:  Kemenhub Pastikan LRT Tak Akan Terhenti Lagi

3. Bar dan Resto – Survei mengatakan bahwa 46-48% orang akan lebih sedikit melakukan eating out dan hangout in cafe karena adanya wabah. Dan dengan pemberlakuan PSBB yang kian ketat, resto diminta hanya melayani take away.

4. Bioskop dan Konser – Bioskop merupakan salah satu tempat hiburan yang juga terdampak dari pandemi covid-19, hal ini karena perlakuan PSBB yang tidak membolehkan orang untuk berkumpul atau berkerumun dalam satu tempat yang biasanya terjadi di bioskop dan tempat konser.

Baca Juga:  ASN Peduli di Kota Bogor Diminta Bantu Pelaku Usaha Mikro

5. Olahraga – Event olahraga semua dibatalkan seperti olimpiade, liga sepak bola, Formula 1 hingga UFC. Bencana Covid-19 betul-betul momentum kematian industri olahraga.

Penulis: Muhammad Amaludin