Cristiano Ronaldo Loyo, Belanda Bungkam Portugal

JABARNEWS | GENEVA – Hasil gemilang dicapai Timnas Belanda saat bertemu Portugal dalam laga persahabatan di Stade de Gevene, Senin (26/3/2018) atau Selasa dini hari WIB. Belanda menang telak atas Portugas 3-0.

Ketiga gol yang dilesakkan Belanda ke gawan Portugal dicetak oleh Memphis Depay, Ryan Babel, dan Virgil van Dijk.

Dilansir laman Kompas, sebenarnya, timnas Portugal menguasai laga itu. Selain menguasai 59 persen bola, Cristiano Ronaldo dkk juga memiliki peluang lebih banyak, yaitu melepaskan 12 tembakan dan 7 di antaranya tepat sasaran. Sementara Belanda hanya menciptakan enam peluang, empat di antaranya on target. Kendati begitu, Belanda lebih efektif pada 15 menit pertama pertandingan dengan menciptakan tiga peluang, sedangkan Portugal nihil peluang.

Baca Juga:  Pertumbuhan Ekonomi Nasional Capai 7,07 Persen, Dedi Mulyadi Sanjung Airlangga Hartarto

Tiga peluang pertama Belanda ini berhasil membuahkan satu gol melalui Memphis Depay pada menit ke-11. Penyerang sayap Olympique Lyon itu, sukses meneruskan umpan Donny van de Beek dengan satu sontekan mulus.

Pada menit ke-32, Timnas Belanda mampu menggandakan keunggulan melalui tandukan Ryan Babel. Penyerang Besiktas itu sukses menyambut umpan silang Matthijs de Ligt dengan sebuah sundulan di depan gawang timnas Portugal.

Baca Juga:  Bjb Tawarkan Kemudahan Transaksi SR015 Online

Jelang babak pertama berakhir, timnas Belanda pada menit ke-45+2′.

Usaha Portugal untuk mengatasi ketertinggalan semakin sulit. Pada menit ke-61, mereka harus tampil dengan 10 pemain seusai bek Joao Cancelo mendapat kartu kuning kedua setelah mengasari Tonny Vilhena. Melihat kebuntuan yang dialami timnya, pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, menarik keluar Cristiano Ronaldo pada menit ke-68 dan menggantinya dengan Joao Moutinho.

Santos terlihat tidak puas dengan performa Cristiano Ronaldo yang bisa dibilang sama sekali tidak memberikan pengaruh nyata kepada permainan timnas Portugal. Tampil dengan 10 orang dan tanpa Cristiano Ronaldo, efektivitas serangan timnas Portugal justru jadi lebih baik dengan mendapatkan beberapa peluang emas di sisa laga melalui Mario Rui, Gelson Martins, dan Goncalo Guedes.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika: Bangkitkan Rasa Persatuan dalam Membangun NKRI

Namun, kemenangan 3-0 Belanda di laga tersebut bertahan hingga akhir laga. Kekalahan ini menjadi kekalahan pertama bagi timnas Portugal setelah dalam delapan pertandingan terakhir tampil tak terkalahkan. Sedangkan bagi timnas Belanda, inilah kemenangan pertama era pelatih Ronald Koeman. Sebelumnya, mereka takluk 0-1 dari timnas Inggris. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat