Hati-Hati, Memencet Jerawat Di Area Segitiga Ini Ternyata Berbahaya

JABARNEWS | BANDUNG – Anda tentunya sudah sering mendengar saran untuk tidak memencet jerawat. Namun rasanya tangan sering ‘gatal’ ingin menghilangkan tampilan mengganggu tersebut agar lenyap dari wajah. Kebiasaan memencet jerawat justru dapat memperparah kondisi wajah, seperti semakin memperbanyak jerawat hingga membuatnya berbekas mendalam.

Walaupun memencet jerawat terkadang tidak bisa dihindari, namun Anda sebaiknya perlu mulai benar-benar menghindarinya, terutama di area segitiga di bagian hidung dan atas mulut. Jerawat yang tumbuh di bagian tersebut kabarnya lebih berbahaya dari area lainnya. Jika infeksi, area tersebut bukan hanya mengganggu kulit namun juga sampai otak. Lalu mengapa area segitiga ini berbahaya?

Area segitiga itu menjadi lebih berbahaya dikarenakan adanya pembuluh darah yang bisa langsung menuju ke kepala. Ketika jerawat dipencet, terutama dengan tangan yang tidak bersih, maka jerawat dapat infeksi kemudian menyebar ke otak. Saat itu terjadi, pembuluh darah di pusat saraf pun bisa ikut rusak cukup parah.

Baca Juga:  All New Ertiga Suzuki Sport Diperkenalkan di Kota Cirebon

Bahaya yang akan ditimbulkan pun tidak main-main, karena infeksi tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki, seperti kehilangan penghilangan, kelumpuhan, hingga kematian.

Saat wajah Anda ditumbuhi jerawat, sebaiknya diatasi dengan berusaha mengempeskan dan meredakan kemerahannya. Teknik yang dilakukan pun bermacam-macam, seperti menggunakan es batu, obat tetes mata, obat jerawat hingga drying lotion yang tersedia di pasaran. Anda juga dapat menutupinya dengan concealer untuk sementara waktu ketika ada momen spesial.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya problema kulit, Anda disarankan untuk rutin membersihkan wajah dan komedo. Dapat juga dengan meminta bantuan klinik kecantikan terpercaya untuk melakukan facial.

Perlu kita ketahui, jerawat bisa muncul kapan saja seperti saat tiba menstruasi, malas mencuci wajah, ataupun datang saat hormon bulanan. Namun jangan asal pencet jerawat, Anda harus juga mengetahui masalah sehingga bisa cepat menyembuhkannya. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mnecegah jerawat, di antaranya:

  • Memakai obat jerawat dan acne patch yang berfungsi untuk mempercepat pemulihan kulit dan mengeringkan jerawat. Saat menggunakan acne patch Anda bisa mengangkat jerawat yang sudah matang.
  • Selalu gunakan pelembap untuk menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Untuk Anda yang punya kulit berminyak bisa menggunakan pelembap yang punya tekstur ringan.
  • Selalu menggunakan teknik double cleansing dalam membersihkan wajah meskipun tidak memakai makeup karena kotoran, debu, dan residu selalu akan menempel pada kulit saat Anda beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.
  • Lakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu yang berfungsi untuk membantu mempercepat regenerasi kulit dan juga mengangkat sel-sel kulit mati yang biasanya menjadi penyebab pori-pori wajah tersumbat.
  • Terakhir, selalu sempatkan untuk masker wajah. Anda bisa memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika Anda punya kulit yang kering, Anda bisa pakai masker berbahan madu yang mampu melembapkan.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai jerawat yang sebaiknya tidak Anda pencet. Beberapa hal yang sudah disebutkan di atas harus dilakukan saat jerawat datang. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini daimbil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Polres Asahan Gelar Vaksinasi Massal Covid-19, Sasar 1200 Peserta