Industri Sekitar Citarum Bakal Direlokasi

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali melakukan upaya terkait dengan normalisasi sungai Citarum. Dalam prosesnya nanti menurut Gubernur Jawa Barat Moch.Ridwan Kamil mengatakan akan melalui proses yang panjang

“Prosesnya panjang ada jangka pendek menengah dan jangka panjang, Jadi ada tiga tahap.” kata Emil sapaan Ridwan Kamil, saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung. Selasa (18/9/2018).

Baca Juga:  Pasien Bergejala Covid-19 Dirawat di Parkiran hingga Mobil Pikap

Pada proses jangka pendek pertama pemerintah akan melakukan pembersihan sampah, dilanjutkan dengan pembersihan limbah pada jangka menengah, dan jangka panjangnya pemerintah akan merelokasi industri yang berada di sekitar Citarum ke lokasi baru.

Baca Juga:  Kota Bandung dan Kota Kawasaki Jepang Kembali Bekerja Sama di Sektor Lingkungan

“Sekarang lagi penegakan hukum kepada mereka yang buang limbah sembarangan kita tertibkan kerja sama dengan TNI-Polri,” ujarnya.

Emil menjelaskan mengani Citarum ini diperlukan tim khusus, yang nantinya berjalan satu komando yang dipimpin langsung olehnya dengan arahan dari menko kemaritiman.

Selain itu untuk mempercepat pembersihan di Sungai Citarum, Emil mengaku telah menyiapkan alat mesin pengeduk sampah yang saat ini tengah dibuat oleh Pindad.

Baca Juga:  Tiga Cara Mengatasi Penyakit Kolera Secara Alami, Bisa Pakai Air Beras

“Mudah-mudahan kalau ada minimal urusan persampah dapat kita selesaikan jadi ambil sampahnya disungai dengan sebuah teknologi yah, nah itu mengawali peran saya sebagai Dansatgas Citarum,” pungkasnya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat