Infeksi Usus Bisa Diobati Dengan Cara Ini, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Infeksi usus atau enterokolitis adalah penyakit radang usus yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, dan parasit.

Biasanya, infeksi usus terjadi karena seseorang mengonsumsi makanan atau air yang sudah terkontaminasi. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Bantu Biaya Pendidikan Anak Yatim Akibat Covid-19

Berikut beberapa cara mengatasi atau mengobati infeksi usus yakni:

Pertama. Memperbanyak Minum – Dengan memperbanyak minum, dehidrasi dapat dicegah dan diatasi. Dokter akan menentukan seberapa banyak air yang baik dikonsumsi dalam sehari, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien.

Baca Juga:  39 Nakes Positif, RSUD Arjawinangun Kewalahan Tangani Pasien Covid-19

Kedua. Mengatur pola dan menu makan – Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi gula, lemak, dan fiber, seperti susu kemasan.

Dengan menghindari makanan atau minuman tersebut, gejala diare dapat mereda. Pengaturan pola dan menu makan akan lebih baik dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Baca Juga:  Satgas Ungkap Terjadi Peningkatan Zona Merah dan Oranye Covid-19

Ketiga. Mengonsumsi cairan rehidrasi – Dokter juga dapat memberikan cairan rehidrasi atau oralit. Oralit adalah cairan khusus yang mengandung gula dan garam, yang berfungsi untuk menggantikan cairan di dalam tubuh yang hilang. (Red)